Wednesday, August 24, 2011

[Batam FF Rindu, Ketika Kakak Merindu]





“Kakak harus makan yang banyak ya, Nak,” bisikku perlahan ke telinga Risma. Namun, hanya gelengan kepala yang diberikan untukku. Aku hanya bisa menarik nafas. Ini hari pertama ia ngambek.
Di hari lain.  “Ayolah, Nak. Sudah dua hari tak kau sentuh juga masakan Bunda,” bujukku mulai sedih. Tubuh kecilnya terlihat makin kecil.
Kupandangi Risma yang tidur-tiduran sambil menutup wajahnya dengan bantal. Ia berusaha menghindari wajahku dan masakan yang setiap hari kuberikan. Risma hanya menyentuh susu yang kusajikan di sisi tempat tidurnya. Tapi tidak menyentuh makanan atau sekedar sekerat roti pun.
“Eh, Kakak lihat deh!, Adik makannya banyak. Kakak ikutan makan banyak, yuk!” Upayaku tak pernah berhenti. Aku tahu, besok ia pasti akan kalah dan  bersedia makan.  Aku mulai tahu penyebab ngambeknya sekarang.
Akhirnya, pagi itu datang.  
Risma menyipitkan matanya, ketika sinar mentari masuk dari jendela kamar, yang dibukakan oleh seorang pria. Aku berdiri tersenyum di samping pria tersebut.
Senyum lebar Risma muncul seketika. Bergegas ia turun dari tempat tidur. Boneka panda kesukaannya terlempar ke lantai, tak diperdulikan. Segera diberikannya pelukan terhangat yang ia miliki pada tubuh pria di sampingku.
Sembari tersenyum, kuletakkan sarapan di sisi tempat tidurnya. Ia melirik ke arah nampan makanan tersebut.
“Ayah, ayo makan yuk! Risma sudah menahan lapar tiga hari, karena menunggu  kepulangan Ayah,” kata Risma sambil menyerbu sarapan.
Tak tampak  wajah lesu dan sikap malas seperti yang dilakukannya beberapa hari kemarin. Putriku yang berusia 5 tahun itu ternyata terkena penyakit rindu.  Rindu pada sang Ayah yang harus bertugas keluar kota beberapa hari saja. 

***
ikut serta dalam lomba FF nya mpers batam. 
FF 247 kata *insyaAllah tidak salah hitung. 

71 comments:

  1. uniiii.... lombanya baru mulai 1 jam lagi... (peraturan nomer 8) tar jam 12 setor ulang aja lagi un... :)

    ReplyDelete
  2. jiaaah gitu ya.. kalau gitu uni delete aja setorannya tadi ya? :) gak perhatiin kalau besok mulainya, kirain hari ini..hahaha

    ReplyDelete
  3. dian sampe shock uni..... uni cepet bgt bikinnya.....

    ReplyDelete
  4. beneran lagi dapat ide. ditangkap langsung bikin dian..:)

    *kangen ama lomba FF. gak menang gak masalah, tapi gairah menuliskannya itu lhooo..ahahaha

    *mudah2an bisa setor jam 12 nanti.. ini mau nulis lagi di word, tulisan lainnya... mumpung lagi agak fit..:))

    ReplyDelete
  5. makin yakin kalo uni emang keren..... dalam hitungan menit euy, langsung lahir sebuah karya...
    kalo dian, harus mikir berjam-jam dulu uni....

    ayo semangat uni.... foto dewan juri souvenir menarik menanti.... :)

    ReplyDelete
  6. pengennya cokelat yaaa..*hiks ngareeep... lagi ngidam cokelat batam..hehehehe

    ReplyDelete
  7. tar disampein requestnya ke supplier coklatnya uni.... :)

    ReplyDelete
  8. saking bergairahnya mbak Dian, sampai-sampai kover bukunya (buat membukukan kumpulan FF ini) pun sudah jadi!

    ReplyDelete
  9. hah? maksudnya mbak prita? hihihi

    bisaaaaa aja..

    *mbaaak, hadiahnya sudah dian kirim yaaaa :)

    ReplyDelete
  10. hadiah apa??? Kemarin ke Gramed, kok buku Odie belum ada? Nanti belinya langsung dari penulisnya saja ya

    ReplyDelete
  11. hadiah menang lomba Flash True Story mbake...:) ada voucer yang bisa dipake buat beli odie minggu depan..hihihi ...

    emang baru akan direlease ke toko buku abis lebaran kayaknya mbak pritta..:(

    ReplyDelete
  12. hehehe... asyiiik... *yakiin aja bisa dapat souvenir ya dian..

    btw..udah setor ya.. jam komputer uni 00.03 wib tgl 24 agustus..hihihi

    ReplyDelete
  13. Makasih partisipasinya ya uni... :-)

    ReplyDelete
  14. Uniiiii.....gesit banget.....:))

    ReplyDelete
  15. Kegesitan uni buat wik inget mbk ely. Biasanya kan mbk el yg suka setor pertama begitu lomba di launching. Kangen mbk ely...

    ReplyDelete
  16. Mb Prita : eh boleh jg tuh idenya utk membukukan kumpulan tulisan lomba FF ini.. :-)
    *ngelirik para juri
    Mb Wiek : aku aja smpe shock ngeliat kecepatan uni bikin FF.. Salut..

    ReplyDelete
  17. uni produktif sekali yaaah! Salut euy

    ReplyDelete
  18. smg menang Uni.. :)

    ReplyDelete
  19. ada kelebihan huruf t tuh Ni. Pasti terhitung satu kata.

    ReplyDelete
  20. eh maaf.
    Kenapa kalo tampilan portrait cuma t doang, kalo landscape dan direfresh lengkap --> tersenyum.

    ReplyDelete
  21. yah.... gagal dapat pertama lomba :)

    ReplyDelete
  22. risma ini billa ya, sampe nunggu ayah 3 hari buat makan.. ya ampuuuunnn.. kebayang lapernya..

    ReplyDelete
  23. sama-sama dee...:))

    ReplyDelete
  24. wakakak.. uni ngebayangin hadiah souvenirnya cokelat wiiiik..:) *lagi ngidam coklat dari batam eh singapura..hahahah

    ReplyDelete
  25. hahah iya elly..

    lagi siap2 mau berangkat lagi beliau..tadi baru aja chat sama uni..:)

    ReplyDelete
  26. asyiiik kalau dikumpulin jadi antologi, mudah2an bisa masuk..

    hahaha,, jangan shock gitu donk dian...hihih jadi maluuuuuu

    ReplyDelete
  27. hihihi... lia... itu lagi ada ide, pas pula lagi buka MP..hihih..*jadi malu..kelihatan mupeng souvenir ya..*semoga bukan foto cak suga...:)))

    ReplyDelete
  28. hah? tadi udah dicek, gak ada om?

    ReplyDelete
  29. berarti kurang dari 250 kata kan om? *fiuh lega.....

    ReplyDelete
  30. ikutan yok nit....

    sekedar pelepas kangen lomba FF lagi..:)

    ReplyDelete
  31. mohon maaf om jampang.... ini ibu2 lagi mupeng souvenir...:) *permisiiii...:))

    ReplyDelete
  32. wakakaka... nggak mbak tin..

    awalnya ide nulisnya buka soal ide kangen sama ayah, tapi kangen pacar. tapi gak aneh kalau orang kangen pacar terus gak mau makan ya..jamak itu..

    jadi terpikir, mungkin gak anak kecil segitu kangen sama ayahnya...jadi nulis itu deeeh..

    alhamdulillah, billa gak pernah ngambek kalau ayahnya ke offshore... dia selalu bilang.."ayah kerja ya bunda? cari duit untuk kakak sekolah? " gitu katanya mbak..heheheh

    ReplyDelete
  33. So sweeeeeeeeeet!

    Pasti Billa! hihi

    ReplyDelete
  34. hahaha, billa gak pernah ngambek kalau ayahnya pergi kog fe...:)

    ini beneran fiksi aja...uni ngayal aja... heheh

    ayooo ikutan buuuuu

    ReplyDelete
  35. ohoho, Billa anak shalihah!

    Iya niy ingin ikut, lagi mencangkul ide, doakan ya uniii! ;)

    ReplyDelete
  36. ayooo cangkul yang dalam...:)

    uni juga pengen ikutan lagi, ada dua tema lagi..mudah2an ada waktu luang nanti.... amiiin

    ReplyDelete
  37. uni rajin deh kalo udah urusan FF ^___^

    ReplyDelete
  38. itu sama dengan maya kalau udah lihat pola baju deeeh..hahaha


    passion of life itu yang bikin semangat kan maya..

    kalau uni lihat resep atau pola baju, pasti melintir pergi..

    tapi kalau lihat lomba FF, pasti melek dan langsung ngetik....wakakakk

    ReplyDelete
  39. betol uni, passion bikin kita semangat dan membuat semuanya jadi mengalir

    ReplyDelete
  40. hihi, febi bangeeeeet ini maaah!

    aamiiin, insyaallah kita bisa ikutan semua tema yaa, Un^^

    ReplyDelete
  41. hehehe... makanya kita klop ya fe.. kalau ada lomba masak atau jahit, kita jadi penikmat saja ya..:)

    tapi kalau ada lomba FF dan audisi naskah, mariii kita pelajari..hihihhi

    ReplyDelete
  42. hahah, setuju kuadrat pangkat empat! ;))

    kalau ada lomba FF, kita dag-dig-dug bersama, hhihihi

    ReplyDelete
  43. aww....semoga anakku juga merindukanku spt itu nantinya...

    ReplyDelete
  44. ih keren euyyyy,....belajar dr bunda dian :)

    ReplyDelete
  45. hehehe,, tapi gak pake ngambek makan ah om dedy... *tapi ini ngayal lo... anak uni, gak pake ngambek kalau ayahnya pergi..:)))

    ReplyDelete
  46. sama-sama belajar mas...

    ayo bikin dua tema lagi ya..:)

    ReplyDelete
  47. merindukan (juga) ayah.. :)

    ReplyDelete
  48. @teguh, ikutan yok guh... :-)

    ReplyDelete
  49. udah disetor, un.. mari dibaca.. :)

    ReplyDelete
  50. Aih msh bs edit gak ya? Ada kt gak penting ikutan nempel. ;-(

    ReplyDelete
  51. paling jg minta dibawain oleh2 hehe...

    ReplyDelete
  52. hiks... padahal padahal padahal...:(((

    ReplyDelete
  53. oleh-oleh duit buat sekolah aja..:))

    ReplyDelete
  54. o nggak... hehehe

    asli ngayal nih bu guru..:)

    ReplyDelete
  55. Ohh, habis hub jarak jauhnya mirip dg kehidupan Uni,hehehe

    ReplyDelete
  56. oh iya, setting tulisan dari uni, tapi karakter dan ide cerita, pure fiksi..:)

    ini perubahan niat nulis, tadinya mau nulis cerita orang kangen pacar, tapi kog standar ya.. jadinya bikin yang agak beda, khas FF aja... makanya diedit, jadinya begini bu guru..:)

    ReplyDelete
  57. hehehe.... tapi dian gak gitu yakin bisa menang mam, tulisan temen2 lain bagus2... tapi yang pasti dian penyetor pertama...hahaha... jadinya bakalan dapat souvenir dari juri atau panitia..

    *berdoa kencang2 semoga bukan foto para juri souvenirnya...hihihihi

    ReplyDelete
  58. Kalo hadiahnya kue seperti kemarin2...lumayan kan Yan..hehe

    ReplyDelete
  59. heheh bangeeet. booos..:))

    ReplyDelete
  60. InsyaAllah souvenirnya Foto narsis para juri *ngakak sambil ngabur*

    ReplyDelete
  61. *pingsan lagi...:))

    ReplyDelete
  62. Hore menaaaaaangggg ^_^

    Coba kalo jauh dari ayah bisa bikin aku kurus ya.. tapi kayaknya nggak mungkin & mggak banget :p

    ReplyDelete
  63. menang apaan? emang udah pengumuman ya?

    tapi menang sebagai pengirim pertama kali ya tyas..hahaha soalnya mupeng coklat nihhh..:))

    ReplyDelete