Thursday, September 29, 2011

[Batam FF – Perjuangan] Antara Belalang, Lebah dan Aku.


“Ugh!....”  Kualihkan mata ke arah lain.
“Lumayan kejam,” desisku.
Sambil menggenggam dedaunan kering, aku menyaksikan sebuah perkawinan terkejam yang pernah kulihat. Kepala Belalang Sembah jantan itu terguling, setelah ditebas kaki tajam Belalang Sembah betina, paska perkawinan mereka.  Aku setengah takjub akan kejadian tersebut.
“Perjuangan cinta yang mengagumkan,”  bisikku perlahan pada angin yang berlalu di wajahku.
Tak lama, kutolehkan pandangan ke atas kepala,  tertarik akan dengungan suara yang dihasilkan oleh segelintir Lebah. Mereka saling berkejaran, seekor Lebah besar, sepertinya itu Lebah Ratu, dan segelintir lebah-lebih kecil. Mungkinkah  ini para Lebah Pejantan? tanyaku dalam hati.
Tak sampai hitungan jam, satu persatu Lebah Pejantan itu mati dan jatuh ke tanah. Tinggallah Lebah Ratu dan seekor Lebah Pejantan yang muncul sebagai pemenang. Perkawinan pun terjadi. Perjuangan cinta selama beberapa waktu, membuahkan perkawinan yang berujung pada kematian bagi Lebah Pejantan.
Aku lagi-lagi menggelengkan kepala. Tersenyum kecut.
“Perkawinan kejam lainnya,” keluhku. Berjuang dan berkorban demi cinta, harga dan kehormatan diri. Benar-benar sebuah perjuangan, simpulku dalam hati.
Sejenak, aku merasa iri pada pengorbanan dua jenis binatang yang mati itu.
Aku menarik nafas perlahan. Mataku melirik ke sekitarku. Sepi….
Kupandangi wajah suamiku yang kaku dan berwarna pucat. Aku tak ingat, di mana kuletakkan bagian lain dari tubuhnya. Yang kutahu, hari ini aku harus menguburkan kepalanya di hutan ini. Jauh dari mana pun dan siapa pun. Sehingga dia tak dapat lagi menjual diriku kepada lelaki lain, demi uang di dompetnya.
Dengan sisa kekuatan yang kumiliki, kutanam kepalanya dalam tanah, dekat dengan bangkai Lebah dan Belalang Sembah jantan.

***
Diikutsertakan pada lomba FF Mpers Batam
Jumlah kata : 248 kata. 

gambar pinjem dari sini.

49 comments:

  1. ngeriii bacanya Uni...
    smg menang yaaa...

    ReplyDelete
  2. hehehe, iya ini endingnya uni ubah.. tadinya gak gini,t api kayaknya seru ini deh..:))

    ReplyDelete
  3. jangan2 karena bunda Billa suka nulis gini ya, si Billa jadi suka yang "mati2" gitu..:(((

    baru ngeh om...

    ReplyDelete
  4. ternyata belalang... tadinya mikir yang kawinnya begitu laba-laba

    ReplyDelete
  5. lho.. si oom jampang, bacanya bolak balik ya? lihat ending baru prolognya? hehehe

    ReplyDelete
  6. ya ampun uni..sadis :D

    ReplyDelete
  7. uni serraaaammmm...
    ternyata tak kalah kejam dibandingkan belalang dan lebah

    btw, aku tau cerita belalang jantan dipenggal kepalanya oleh belalang betina, habis nonton Kungfu Panda 2 :D

    ReplyDelete
  8. he he kaget juga baca bagian belakangnya.....seram juga :D

    ReplyDelete
  9. pertanyaan saya itu dibagian prolognya... endingnya seh udah baca

    setahu saya dulu pernah liat film fauna, binatang yang habis kawin terus jantannya dibunuh dan dimakan itu laba2... ternyata belalang juga setelah baca di sini

    ReplyDelete
  10. tanya Uni, setelah kawin, lebah jantannya mati? *kalo yang ini baru tau

    ReplyDelete
  11. Itu namanya black widow ya Yan, jenis laba2 berbisa yang suka membunuh pasangannya :)
    FF kok sadis Yan...hehe

    ReplyDelete
  12. walah wanita kejam.. layak deh laki kaya gitu ditanam kepalanya..
    bacanya kebayang "aku" itu binatang juga..

    ReplyDelete
  13. huaa Uni..lg ketularan Billa ya? cerita-nya seraaammmm :p

    ReplyDelete
  14. Spesialis sadistis..
    Gimana kelinci ga bunub ular, wong emaknya ngewarisin ilmu 'bunuh membunuh' seperti ini ke billa? Wkwkwk

    ReplyDelete
  15. hadooohhh sereeemmmmmmmmm

    ReplyDelete
  16. awalnya sains, blakangnya horor hehehe, keren, uni! tapi kalo bikin yang macem gini jangan lupa sambil elus2 perut, uni... sambil bilang amit2 jabang bayiiii! naudzubillah.... :D

    ReplyDelete
  17. plom plok plok
    cakep deh subhanallah
    tapi syereeeem uuuun

    ReplyDelete
  18. wahhh kereennn...minderrr

    ReplyDelete
  19. nauzubillah, niatnya gak sadis.. tapi kadung ketulis gitu..hihihihi

    ReplyDelete
  20. betul Iah.. *tosss..

    percaya atau tidak, kalimat singkat dari tokoh belalang sembah di kungfu panda 2 itu yang bikin uni jadi dapat ide ini lhooo..hahahaha

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah kalau kaget, berarti endingnya dapet ya mbak uri..

    *maaf ya udah bikin seram..:)

    ReplyDelete
  22. kalau laba2 jenis black widow emang kawin atau tidak, setahu saya membunuh laba2 jantannya.

    kalau belalang sembah, demi cinta, mereka mau mati.. begitu juga jenis lebah ini..*ini juga dapat infonya dari buku cerita anak2 waktu bacain cerita lebah ke Billa nih om..:)

    ReplyDelete
  23. uni dapat infonya dari buku cerita ttg lebah, waktu beli diskonan di book fair beberapa bulan lalu. di buku itu dijelaskan, bahwa lebah jantan, akan mati setelah kawin dengan lebah ratu, dan itupun melalui proses persaingan dulu dengan lebah jantan lain.

    mudah2an uni gak salah tangkap dari buku anak2 itu. *itu buku anak2. tapi ada penjelasan ttg hal tersebut. untungnya Billa hanya suka bagian cerita Lebah Pekerja nya saja...bagian itu, dia gak suka...hehehe

    ReplyDelete
  24. sekedar fiksi aja bos...:) hehehe

    iya, kalau laba2 jenis itu agak sukar ditemukan di hutan Indonesia bos... banyaknya di afrika, makanya gak dian jadiin tokoh di sini... hehehe

    kalau belalang sembah ama lebah lumayan banyak kan di hutan indonesia..:))

    ReplyDelete
  25. hehehe, boleh juga ya mbak tin..ngebayangin si tokoh "aku" itu binatang, tapi metafora kali ya..setipe "kupu-kupu malam" mungkin...:)

    ReplyDelete
  26. bisa jadi gitu kris...hehehe..

    maaf yaaaa

    ReplyDelete
  27. kayaknya si anak itu deh yang nularin emaknya adegan sadis...hihih

    cuma versi si emak, rada nyata ya..hahahhaa

    ReplyDelete
  28. *jangan sembunyi ya may..:))

    ReplyDelete
  29. terima kasih bu guru...:)

    ReplyDelete
  30. suratap!!! hjehehe makasih ya...

    ReplyDelete
  31. udah bilang sebelum dan setelah posting..:)

    hehehe si ibuk bisa ajeeee

    ReplyDelete
  32. febi udah nulis lum..? biasanya FF tak pernah dilewatkan ummi?

    *uni lagi senang bisa berdamai dengan komputer, jadi tadi begitu dapat kesempatan ngetik, langsung ngetik, edit dan posting..:))

    ReplyDelete
  33. nah lho,...kog minder mas? ^_^V

    ReplyDelete
  34. sudah uniiiiii
    yang kuli dan peragawati ituuu
    hihi

    ReplyDelete
  35. oh iya... udah lama ya itu... gak ikutan lagi yang lain..temanya ada tiga kan?

    ReplyDelete
  36. pingiiin unn, tapi idenya masih petak umpet niy

    ReplyDelete
  37. kaget menikmati endingnya...

    but, so emaizyiingss... xp

    ReplyDelete
  38. iya, uni juga dari tadi belum dapat ide untuk yang tema lebaran..;)

    mudah2an besok gak petak umpet lagi ya fe..:))

    ReplyDelete
  39. terima kasih...:) maafkan jika "sadis" *afghan mode on...hehehe

    ReplyDelete
  40. eh, sudah baca FF saya, mbak?

    Sepertinya berkebalikan dengan milik mbak...^^

    ReplyDelete
  41. belum, share linknya deh.. siapa tau besok bisa mampir ya..:) makasih

    ReplyDelete
  42. @chifuru, udah ksana ya... :-D

    ReplyDelete
  43. Kereenn !!! Salam kenal :)

    ReplyDelete
  44. salam kenal juga...:) foto headshotnya mana nih mbak? L:)

    ReplyDelete