Tuesday, July 31, 2012

[Catatan Ramadan] ASI – 11 : Menyusui Di Tempat Umum, Siapa Takut?

Ayooo… ibu-ibu suka ke mal gak? Hehehe

Nah, semenjak jadi ibu menyusui, tadinya kupikir akan sulit jalan-jalan ke Mal, mengingat aku menjadi ibu ASI eksklusif. Tapi ternyata tidak juga. Meski untuk Billa, aku baru berani membawanya ke Mal di usianya ke 5 bulan, akhirnya aku cukup nyaman untuk bisa menyusuinya di mana pun.

Kenapa bisa ya?

Selain karena di beberapa Mal di Jabodetabek ini cukup ramah bayi, alias punya nursing room (apaan tuuuh? Ntar aku bahas someday yaaa..:) ) juga karena aku punya apron dan menggunakan jilbab cukup lebar.

Perlengkapan lain yang bisa dijadikan senjata dalam menyusui di tempat umum, yang mungkin saja tak ada nursing room, adalah gendongan batik atau jarik, serta baju menyusui.

Berhubung gendongan batik dan baju menyusui sudah pernah kubahas, maka kali ini aku akan cerita dikit tentang apron dan jilbab lebar.

Kalau jilbab lebar atau menutup dada sampai dekat perut, memang belum lama kugunakan. Umumnya jilbabku cukup sampai di bawah dada saja sedikit. Kadang2 bisa digunakan untuk menutupi proses menyusui, apabila lagi pakai baju menyusui. Namun jika baju yang kukenakan bukan baju menyusui, aku memilih menggunakan jilbab sampai perut. Sehingga cukup aman menutupi proses menyusui. (fotoku di atas adalah contoh jilbab yang cukup nyaman untuk menyusui) 

Lain halnya dengan apron. Kalau baca di Om Wiki sih artinya gini : An apron is an outer protective garment that covers primarily the front of the body. It may be worn for hygienic reasons as well as in order to protect clothes from wear and tear. The apron is commonly part of the uniform of several work categories, including waitresses, nurses, and domestic workers. 

Namun, yang aku bahas di sini, apron sebagai kain penutup bagian depan tubuh, yang fungsinya membantu kenyamanan ibu selama menyusui. Banyak contohnya di om Google lho… seperti contoh berikut ini..:)

 

 atau yang cakep nih model ini, jadi pengen beli ...hehehe (punyaku gak kayak gini sih, belinya online dulu, harganya kisaran 70an ribu deh. kalau yang buatan luar negeri bisa 300 ribuan, jadi kita cinta produksi dalam negeri aja deh, gak nyampe 100 ribu, atau kalau jago jahit mah, bisa bikin sendiri kali ya....) 


gambar nyulik dari sini 

Nah, apron ini selalu kusiapkan dalam tas bayi. Kemanapun pergi pasti kubawa. Meski aku menggunakan baju menyusui, berjilbab cukup lebar, terkadang aku tidak percaya diri jika menyusui di foodcourt tanpa apron. Jadi double and triple deh tingkat menutupi tubuhnya. Hahaha.

Untungnya si Aam cukup nyaman dengan kondisi ini. Dia mah yang penting minum ASI. Berbeda dengan Billa yang tak suka pake apron, dan gelisah, sehingga aku harus mencari nursing room dan membatasi tingkat kepergianku dan wilayah mal yang dituju. Kalau dengan Aam, sejak usia 2 bulan sudah kubawa ke mana-mana, dan dia terkategori bayi anteng… alhamdulillah…

Baiklah, sekian dulu ya cerita apronnya. Mudah-mudahan bagi emak-emak yang siap-siap menyusui, bisa menyiapkan peralatan perangnya jika ke mal. Hehehe 


***

Pamulang, puasa ke 11, terpikir untuk nyoba puasa deh....

37 comments:

  1. blom lama lihat ibuibu pedejaya menyusui dengan dada kemanamana tanpa ditutupi di restoran loh saat buka puasa bersama..
    *takjub.. itu ibu sekeluarga tuh berbuka bersamanya.. ga pake jilbab sih, tapi ya itu dada sampe kelihatan.. suaminya sih juga gapapa tuh.. padahal restonya rame loh..

    ReplyDelete
  2. Kebayangnya kalau menyusui aku tipe yang akan panik cari nursery room. Sayangnya ga semua tempat umum menyediakan ini ya. Apron ini memang berguna, tapi kalau bayinya ga betah, kasihan juga ya Uni?

    ReplyDelete
  3. ada beberapa mall yang ruang menyusuinya mangkrak huhuhu

    wah aku belum beli apron, untung diingetin hehe

    ReplyDelete
  4. ehiya terakhir aku ngadoin apron juga k temen
    di depok ada margo city doank kayaknya yg ada nursing room nya hehee

    ReplyDelete
  5. Saya pake apron cuman buat inisiasi aja, Uni.. Karena beli di sini, dapetnya made in aussie. Modelnya seperti yang terakhir tapi lebih lebar dan panjang, polos tanpa gambar... Jadi ya lebih modis. :D
    Kalau nggak punya, kalo gak pake selimut bayi, bisa juga pake jilbab yang model syal dikasih peniti...

    Ada temen pro ASI yang punya pandangan berbeda tentang perlu ditutupi atau tidaknya. Kalau kita yang pake jilbab otomatis kan merasa harus ditutupi, kalau yang nggak berjilbab ada yang berpendapat nggak petlu ditutupi karena harusnya ini wajar dan menyangkut hak bayi. Jadi kalau ada yang tidak menutupi, imo, kitalah yang harus menjaga pandangan atau justru melindungi.

    ReplyDelete
  6. btw, jilbab pink itu hadiah dari lomba ff yang di aceh bukan ya?

    ReplyDelete
  7. aku lagi beli.. lagi nunggu apron dateng :)

    ReplyDelete
  8. minggu kemarin ke sebuah pusat grosir di makassar, sempat lihat ada ibu2 pemeluk kios menyusui dengan menggunakan apron cantik. Langsung nunjukin hubby, trus jelasin kl itu yg disebut apron...

    ReplyDelete
  9. kalau jalan2nya di mall, skrg kan banyak nursing room
    enak, bisa buka2an :)
    saya dulu menyusui di muka umum cuma ditutupi jarik :))
    belum musim baju menyusui yg gampang dibuka dan apron modis gitu

    ReplyDelete
  10. kapan saja di mana saja, asi selalu tersedia

    :)

    ReplyDelete
  11. uni cantik sekali, pinki-pinki

    ReplyDelete
  12. no komen deh mbak tin kalau yang begini..hehehe

    ReplyDelete
  13. dicobain di rumah dulu anne..

    waktu billa, dia gak nyaman...
    waktu aam, dia nyaman

    ada bagian melengkung di dekat dada yang bisa buat intip2 si bayi, jadi gak sesak kog bayinya..

    iya ttg nursery room itu emang gak semua mal punya.. atau kadang bentuknya gak "manusiawi" hehehe... *kayak di citos tuh.. minta ampun deeeh...ahahahah

    ReplyDelete
  14. minta jadi kado aja mbak lia..hihihihi

    ReplyDelete
  15. iya, dulu yang rajin mosting soal nursing room ini indah IP, sayang gak update lagi beritanya..

    uni pengen juga moto2in deh nursing room..

    uni paling nyaman di PIM 2.. ugh enak banget ruanganya..hehehe

    ReplyDelete
  16. wah bisa jadi tips juga ya.. pake selimut bayi yang ademan tentunya, atau pashima ya? :)

    ReplyDelete
  17. heheh.. betul..

    memang itu hak bayi...:) tapiiiii...:) makanya saya no komen ibuk ...hehehe

    gak kebayang kan ya, kalau gak pake jilbab, tapi kasih asi sistem buka2an di negeri arab misalnya.. ^___^V

    monggo silahkeeen, yang mau buka2an mah... toh jaman dulu2 juga ibu2 juga biasa aja menyusui ya...
    semuanya emang kembali ke kepribadian orang2nya aja.. ada yang anggap biasa, ada yang pemalu (seperti saya..hihi), atau ada yang mood2an ...:) hehehe

    ReplyDelete
  18. itu kalau gak salah hadiah lomba menulis tentang adik atau apa dulu ya... penyelenggaranya yang punya toko Online jilbab mbak tin.. *duh lupa saya..

    eh mbak tin tau aja ini jilbab hadiah..hehehe

    ReplyDelete
  19. bagi linknya donk bupeb.... soalnya lagi nyari lagi yang lebih nyaman... :)

    ReplyDelete
  20. ditanya gak ibu itu, beli apron dimana? heheheh

    atau masukin list buat kado aja uniq.. minta ke sodara...:)) heheh

    *uni kemaren minta sama adek2 kandung uni kado menyusui.. eh mereka bilang..."ah, minta sama bang asis aja un..." yeeeee uninya manyun.. dasar adek2 pelit.. ! wakakakakak (adek uni dua2nya cowok soalnya.. hehehe)

    ReplyDelete
  21. Naaaaaaaaaah... kalau jadi dapat yang ketiga... insyaAllah akan ada apron modis di tas shanti nantinya.... hehehehe

    ReplyDelete
  22. nikmat Allah mana lagi yang kau dustai?

    subhanallah banget kan om.... ciptaan Allah emang sempurna banget kan? gak perlu beli2...heheh

    ReplyDelete
  23. aih si indah tehhhhh.. malah komen foto uni.. hehehe *jadi malu..

    itu tadinya buat dipake jadi foto profile penulis buku anak, tapi kayaknya gak jadi.. hahahaha..:))

    ReplyDelete
  24. cara makainya?? seperti baju biasa?? trus posisi baby dimana uni?? larass malah baru tahu soal apron ini, sodara gak ada yg make soalnya..hmmm kalau pas uni lagi make apron trus nyusuin difoto yah uni pengen tahu posisinya gimana hehehe maakaasiihh

    ReplyDelete
  25. kalau larass sempat googling ada banyak contoh cara pakenya kog larass..

    uni malu ah foto2...hihihii *lebay..:)))

    ReplyDelete
  26. iya... lucu2 dan cantik2 motifnya ya..

    *meluncur ke linknya aaaah...:) makasih ya anne..

    ReplyDelete
  27. tsah, fotonya duluan yang dipajang. apronnya mah nyusul aja dah :P

    ReplyDelete
  28. kan contoh jilbabnya gituuuuuuuuuuuu :P

    rese ah.. *melengos...:(

    ReplyDelete
  29. Belum pernah ajak Fathia ke mall, paling pol ke Ragunan dan PRJ, hehehe. Bagi sebagian busui, bahkan setelah ditutupi rapat pun menyusui di depan umum (termasuk di acara keluarga) itu masih 'tabu'. Soalnya merasa yang melihat masih bisa membayangkan. Ada yang dilarang suami, ada juga yang dengan sendirinya merasa tidak nyaman dengan perasaan itu. Makanya terus pada pilih bawa asi perah. Kalau aku, nggak sampai segitunya sih. Tapi perasaan kurang nyaman ini juga yang menghalangiku ngempi lagi, padahal banyak cerita yang ingin dibagi khususnya tentang menyusui. Makanya aku aktifnya di grup menyusui di fb, yang anggotanya ibu2 walau ternyata ada bapak2 juga dan toh postingan2 di sana tetap dibaca semua orang. Makasih ya Uni sudah menginspirasi untuk pede aja :).

    ReplyDelete
  30. Jaman dulu, gak ada pilihan lain kecuali tetap dirumah sampe bayi mendapat
    makanan tambahan :D

    ReplyDelete
  31. insyaAllah yang menilai niat kita memberi ASI itu kan Allah..

    lah kalau yang pikiran orang lain itu kemana2 yo wis.. itu salahnya sendiri, dosanya sendiri..hehehe.

    wah lei ke Ragunan dan PRJ kan ruameee.. gimana cara kasih ASInya lei? uni malah gak pede kalau sudah serame itu..hehehe

    iya, uni perhatikan lei, aktif di group ASI di fb itu ya..*uni sering baca, tapi jarang komen..) *tempat belajar juga di sana..:)

    tapi boleh tau, kenapa kurang nyaman? karena bapak2 baca ya? selama komennya masih bisa kita antisipasi dengan baik, insyaAllah tak masalah kog lei...

    tetap Pede ya.... ditunggu tulisannya di MP lagi..:)

    ReplyDelete
  32. jaman dulu itu kan buat mama yang begitu.. kan banyak juga bos, ibu2 yang cuek beibeh...:) hehehe

    mama kan pemalu...hihihih

    ReplyDelete