Wednesday, July 25, 2012

[Catatan Ramadan] ASI-5 : Ketika Rasa Sakit Mendera

Billa lagi demen gigit-gigit, usia 7 bulan. 


Masa yang menguji ketahanan dan kesabaran seorang ibu, yang baru belajar menyusui adalah, fase ketika ASI belum banyak keluar, sementara produksi ASI telah terjadi. Maka pembengkakan di daerah payudara itu sangat menyiksa.

 

Aku pribadi mengalaminya di hari ke tiga pasca operasi caesar. Sementara salah seorang tanteku bercerita, pernah mengalami yang namanya Mastitis, atau radang kelenjar susu. Tanteku sampai ke dokter dan diberi pengobatan.

 

Ketika terjadi pembengkakan, salah satu tips yang diberikan oleh suster, di RS tempat aku melahirkan, adalah dengan melakukan massage pada daerah tersebut (dengan menggunakan minyak zaitun), mengompresnya dua tiga kali sehari, atau ketika mandi, dengan menggunakan handuk kecil. Gonta ganti pakai air hangat dan air dingin. Ini sangat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

 

Aku cukup rajin melakukannya ketika melahirkan Billa. Selain memang karena sering dipompa (Billa masih di RS, sementara aku sudah keluar RS, sehingga harus menyetok ASI demi niat ASI eksklusif), juga karena aku baru pertama kali punya anak. Jadi pelajaran yang diberikan para suster cukup lengket di kepalaku.

 

Akibat menggunakan pompa ASI, maka lecetlah yang kudapat. Deuuuuh kalau lagi menyusui, nyerinya minta ampun. Salah satu tips, yang kupakai untuk mengurangi rasa perih adalah mengeluarkan sedikit ASI sebelum dan sesudah menyusui, dan melumurinya pada puting dan sekitarnya. Lumayan mengurangi rasa sakit dan cepat menyembuhkan, karena daerah tersebut jadi lembab dan tidak kering.

 

Kalau sekarang sih, aku tidak serajin itu lagi. Hanya sekali-sekali massage, namun tetap melumuri ASI pada daerah putting sebelum dan sesudah menyusui Aam. Mungkin karena sudah punya pengalaman menyusui Billa, ditambah tak harus menggunakan pompa, aku tidak mengalami rasa sakit yang berlebihan, ketika menyusui Aam. Alhamdulillah.

 

Fase sakit berikutnya, yang mungkin menguji tingkat kesabaran, adalah ketika si bayi mulai tumbuh gigi. Deuuuh ngebayanginnya aja aku udah ngilu dan merinding. Gigitan bayi yang gusinya gatal karena mau tumbuh gigi, ditambah uji coba si bayi dengan menggigit ketika minum ASI, benar-benar menguji kesabaran dan daya tahan ibu terhadap rasa sakit.

 

Terus terang, dulu, aku sempat marah juga ketika Billa sambil ketawa-tawa, menggigitku. Bahkan pernah, aku melepaskan Billa yang sedang menyusu, dan meninggalkannya detik itu juga, dan aku pergi sambil menjerit kesakitan.

 

Ibuku memang sudah memperingatkanku soal ini. Tapi aku tak pernah menyangka bahwa sakitnya nggak main-main. Hehehe.

 

Terhadapa Billa, aku suka memencet hidungnya jika ia menggigitku dengan sekuat tenaganya. Heheheh, berhasil juga membuatnya melepaskan gigitan. Kadang-kadang dengan bujukan juga bisa mempan, meski aku membujuknya dengan wajah meringis menahan sakit.

 

Entahlah kalau si Aam ini nanti ya? hiks…. Mudah-mudahan gak bikin aku naik darah karena kesakitan. Hehehe

 

Demikian, salah satu fase perjuangan jadi Ibu support ASI nih…

 

***

 

Pamulang, Puasa ke 5, bangunnya kesiangan nih. Hiks… 

43 comments:

  1. Uniiiii ....untuk urusan sakit digigit anak ketika menyusui ini aku gak ada cerita, hiks, belum sampai anak numbuh gigi udahan nyusu ke ibuknya :((
    antara bersyukur gak ngalamin digigit sampe' ngiri karena ngerasa kuranng lama nyusuinnya

    ReplyDelete
  2. Haha, tanteku jg pas lebaran beberapa th lalu bercerita dgn konyol (dan sebal) ketika anak bungsunya suka mengigit ketika disusui. "Sampe terjerit-jerit." Kata Omku, "ya, gak enak didenger tetangga" pecahlah tawa kami hehehehe

    ReplyDelete
  3. aku koq ga inget pernah digigit ya baik arya maupun khay *mikir2
    tapi mungkin juga krn udah terbiasa digigit yg gede jadi gigitan kecil ga berasa xixixi

    ReplyDelete
  4. kalau nggak bisa ngendaliin.... begitu digigit... refleks narik atau nabok.... nangis deh tuh baby.... xixixixixi

    ReplyDelete
  5. wah iyakah? jadi sampai umur berapa bulan anak2 dapat ASI nya shant? uni belum baca ulang "tulisan" mu itu soalnya..:))

    iya... lebih baik bersyukur deh, karena sakit banget kalau digigit..hehehe

    ReplyDelete
  6. minta ampun memang sakitnya Yan..

    yayan bayangin aja deh, keponakan yayan gigit yayan, hehehe

    ini salah satu pengorbanan jadi ibu, mama uni selalu mengingatkan uni untuk tidak mengamuk kesakitan kalau udah masuk fase ini...hiks hiiks...

    ReplyDelete
  7. ^_______^ kak list? ck ck ck...

    ReplyDelete
  8. uni pernah mukul pantat si billa tuh ...saking sakitnya..

    tapi diajarin mama uni untuk lebih milih jalan "lembut" dengan membujuk, atau paling keras, menekan hidungnya sehingga mulutnya terbuka..:)

    ReplyDelete
  9. tips lain utk mengatasi lecet puting adalah dgn mengoleskan madu. Madu punya daya epitelisasi (memperbaiki kerusakan sel) dan juga melembabkan.

    ReplyDelete
  10. Iyog cuma sampai 6bln, setelah itu anak harus berpindah2, kadang ditipin eyangnya di jawa timur sana, kadang eyangnya diimpor ke jkt (masih jaman susah, gak bisa berhenti kerja, eyangnya gak tega cucunya yg masih bayi ditinggal sama pembantu doang sementara saya kerja)
    Bram malah cuma menyusu langsung 2bln, setelah itu diperah sampai 3bln berikutnya (pdhl aku udah gak ngantor, anak mogok gara2 dikasih asi perahan pake' botol, eh malah gak mau nyusu langsung, pilih puting silikon-sedih deh-)
    diperah doang, gak disusuin langsung lama- kelamaan produksi asi berkurang dan habis, disambung sufor deh.
    salah emaknya emang :) *ngaku*

    ReplyDelete
  11. Huhu, si adik mulai suka gigit2 *curhat*

    ReplyDelete
  12. don't worry anti... semua ibu yang semangat kasih ASI telah mengalami semuanya.. dan semuanya fine2 aja.. gak ada yang masuk koran kog gara2 gigitan bayi.. hihiihi

    ReplyDelete
  13. wah saya baru tahu mbak pritta... makasih sharing tipsnya ya..

    tapi terkait dengan asi eksklusif, yang berarti tak ada cairan lain yang masuk ke tubuh selain ASI, apakah aman bagi lambung bayi baru lahir terkait madu ini ya mbak kalau terhisap? mohon sharingnya lagi ya.. :)

    ReplyDelete
  14. kalau iyoq, berarti karena kondisi kan ya shant? umumnya juga kalau ibunya kecapekan, maka produksi ASI cenderung menurun juga..:)

    kalau Bram, mungkin masih belum banyak info yang shanti dapatkan? ASI memang makin produktif jika disusukan langsung ke bayinya ketimbang diperah...
    Ada hormon di tubuh manusia yang mendukung produksi ASI, salah satunya hormon yang terkait dengan rasa nyaman akan perlekatan langsung antar ibu dan anak melalui penyusuan langsung..

    heheh.. insyaAllah, di anak ke tiga kelak, shanti akan lebih kuat dan semangat kasih ASI nya... amiiin

    ReplyDelete
  15. huhuhu.. kebayang mulai "penderitaan" itu rinda.... :(

    si dedek Aam mah sekarang belum begitu gigit..hehehe tapi uni bawaannya waspada mulu.. soalnya biar kuat ngadepin sakitnya...:)

    ReplyDelete
  16. amin ....mudah2an proposal anak ketiga dapet approval ya Uni :))

    ReplyDelete
  17. insyaAllah kalau Allah ijinkan, akan hadir tepat waktunya...meski "diapprove atau tidak oleh pasangan ktia"..hihihihi

    uni bantu doa dari sini yaaaa :)

    ReplyDelete
  18. Persis seperti yang pernah di alami istri-ku......bukan sekali dua kali ia di gigit tapi seriiiiinng.

    ReplyDelete
  19. Persis seperti yang pernah di alami istri-ku......bukan sekali dua kali ia di gigit tapi seriiiiinng.

    ReplyDelete
  20. Uni siap2 dr skrg dr gigitan Aam yaa... Soalnya kan cowok, eh tp kali2 aja malah Aam ndak suka menggigit ya Uni ;)

    ReplyDelete
  21. saat akan di susui, puting nya di lap bersih dulu say.. aku dulu kadang kalo ga oleh asi, ya kasih madu. tp bentaran aja, krn risih ama lengket nya hehehee

    ReplyDelete
  22. kadang saat mulai ada tanda2 menggigit, aku selipin jari kelingking di sudut mulutnya, jd dia gigit jari ku aja...

    ReplyDelete
  23. saya gak berani bilang sering.. takutnya yang lain lebih sering lagi mas.. heheh

    makasih sharingnya yaaa

    ReplyDelete
  24. biasanya tetap aja kalau mau tumbuh gigi gitu uniq... tapi mudah2an uni lebih bisa sabar aja nahannya..:)

    ReplyDelete
  25. sama billa dian masih rajin mbak eva..

    si aam kadang2.. hehehe

    ReplyDelete
  26. iya.. lupa.. itu juga tips dari mama tuh.. selipin jari kelingking.. *kog dian bisa lupa ya.. hehehe

    makasih udah ngingetin mbak eva..;)

    ReplyDelete
  27. sama-sama belajar kita mbak sukma..:)

    ReplyDelete
  28. Ga pake fase tumbuh gigi ... he he he

    Kalau aku pertama kali digigit ya teriak kenceng uni, tp skrg setiap dia gigit cuma aku belai rambutnya trs bilang .. "bikin bunda nyaman ya nak kalau abang lagi mimik", wlupun sambil nahan sakit..
    Alhamdulillah bisa sabar, mungkin krn anak yg lama ditunggu kali ya, jdnya rela2 aja digigit.

    Skrg mlh lagi fase2 nya dia gigit puting trs ditarik keluar :-)

    ReplyDelete
  29. sodara saya juga sering digigit kalau lagi menyusui dan biasanya di pencet hidungnya

    ReplyDelete
  30. :))
    Seru ya Yan, pengalaman jadi Ibu yang memberi Asi :)

    ReplyDelete
  31. Uni, katanya masalah gigit-mengigit ini krn perlekatannya gak pas. Aerola blm masuk sepenuhnya ke mulut bayi, jd baru nipple aja, ya digigit2 deh. Sy ngerasain bedanya wkt anak pertama (shaznin) dan kedua (ziqri). Yg pertama ga tlalu merhatiin perlekatan, pokoknya asal masuk. Jdnya sering lecet dan digigit. Skrg anak kedua, sy benerin perlekatannya (kadang2 suka asal masuk jg sih), alhamdulillah smpe sekarang ga pernah lecet dan ga digigit jg. Kalau perlekatan lg ga bener, suka kerasa jg gigi2 anaknya, biasanya abis itu sy mnta lepas dulu, atau lepas dg masukin kelingking ke mulutnya.

    ReplyDelete
  32. ini tipsnya adik loh.. selipin kelingking.. jadi gigit kelingking dulu..
    ku sering lihat adiku nangis2 sambil menyusu, kirain kenapa, eh digigit toh.. ga kebayang perihnya.. sampe berdarahdarah tuh.. dan dapat salep juga dari dokternya kalu berdarah putingnya..
    juga tips untuk kasih olesan asi sendiri..

    ReplyDelete
  33. semoga ade aam ga sejail billa ya tukang gigit..

    ReplyDelete
  34. Aduh aduh..ngilu bacanya. Subhanallah ya, jadi ibu benar-benar perjuangan mulia.

    ReplyDelete
  35. uni nunggu juga 9 tahun, tapi ya kadang sabarnya lagi menurun, uni bisa teriak lagi.. kadang2 billa dulu itu gak pake kode2an .. langsung main gigit dan tarik. tak jarang pake lama lagi.. hiks....

    kalau aric langsung tumbuh gigi sih ya.. hihi

    kalau billa kan mulai dari fase gusi gatal tuh... jadi rada lamaan gigitnya...

    ReplyDelete
  36. sama donk ama uni ya. suka mencet idung billa..hihihi

    ReplyDelete
  37. iya... hehehe .. tapi mama dulu jauh lebih sabar ya bos?

    ReplyDelete
  38. mungkin juga ya zehan.. tapi kalaupun perlekatannya benar, tak jarang karena rasa gatal pada gusi membuat bayi2 itu mencari benda untuk digigit... itu yang uni tau sih :)

    makasih sharingnya ya.. *wah saya banyak dapat ilmu juga dari zehan, alhamdulillah....:)

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah, dian gak sampe berdarah-darah si mbak tin..:)

    duuuuh kebayang deh sakitnya..:((

    ReplyDelete
  40. we wait n see aja mbak..hihih

    ReplyDelete
  41. iya anne.. uni sih udah dikasih tau mama uni, tapi gak nyangka kalau sakitnya mantap banget.. hahaha

    ReplyDelete