Friday, July 27, 2012

[Catatan Ramadan] ASI-7 : Baju Menyusui, Perlu Gak Sih?

Foto diambil di depan waterfall buatan di Guangzhou, aku pake baju menyusui lho.. 


Kalau gak gara-gara hamil, mungkin gak terpikir untuk memiliki baju menyusui ya? Hehehe…

Terus terang, ketika pertama kali menyusui, aku menggunakan baju daster dengan kancing bukaan depan. Meskipun pilihan warna menarik, serta berbahan kaos, ternyata ketika proses belajar menyusui, aku merasa tak begitu nyaman. Karena proses membuka kancingnya saja sudah lama, belum lagi daerah menyusui jadi sulit tertutupi…

Untungnya sih, selama proses belajar menyusui dan memberi ASI ini, berlangsung di ruang khusus menyusui di RS Pondok Indah, sehingga tak ada kaum hawa di sana. Cukup para emak-emak yang baru abis lahiran dan sama-sama belajar menyusui. Jadi gak gitu malu, kalau rada grogi atau terlihat tak  nyaman selama proses belajar menyusui tersebut.

Singkat cerita, akhirnya, aku pun mencari tahu perihal baju menyusui.

Tentu yang kutelusuri lebih dahulu adalah Online Seller di Multiply donk! Hehehe. Aku melihat seorang Mpers, sayangnya sekarang gak gitu aktif, Tria Yusa yang cantik , yang selain rajin ngeblog, juga menjual baju menyusui milik Milkyway. Aku coba beli satu dan ternyata cukup nyaman, meski harganya relatif gak murah. Hiks…

Akhirnya aku pun beli beberapa baju dengan varian bukaan serta model dan warna yang cocok untukku.

Berhubung aku menyusui cukup lama, nyaris 3 tahun. Aku juga sempat, minta dibuatin baju gamis dan baju untuk pergi pesta, sama Maya atau Bunda 3F dengan bahan dariku.

Sementara, untuk alternatif baju menyusui bahan kaos juga, sekarang ini, aku juga beli online dengan Mbak Tika (Yustika). 

Eits… jangan skeptis dulu dan bilang kalau aku promosiin Online Seller yaaa.. hehehe.. Toh tema tulisan hari ini, membahas penting gak sih baju menyusui?

Nah, kembali ke tema tersebut, ternyata, aku memang terbantukan sekali menggunakan baju menyusui ini. Sebagai perempuan yang menggunakan jilbab, rasanya tak cukup, menutupi proses menyusui ini hanya dengan jilbab saja atau apron. Boleh dibilang, menggunakan baju menyusui sangat membantu, terutama menghindari aku dari rasa segan atau malu, ketika si bayi menjerit-jerit minta ASI di mal atau tempat yang tak ada ruang menyusuinya.

Tak sekali dua kali, baik Billa ataupun Aam saat ini, meminta ASI di saat “tak tepat” bagi Bundanya. Hihihi.

Misalnya, ketika sedang makan siang di salah satu foodcourt yang tak ada ruang menyusui. Maka bermodal jilbab panjang, baju menyusui yang nyaman, bayipun akan tenang melakukan proses minum ASI, tanpa perlu orang lain tahu. “Selese” kata orang melayu… alias nyaman bagi si ibu, nyaman bagi si bayi. ^___^V

Jadi kalau ditanya, penting gak sih baju menyusui? Ya menurutku, penting banget ya…

Bisa bayangkan gak sih?, kalau pas pesta atau acara resmi keluarga besar, tahu-tahu bayi kita menangis minta ASI? Yaaaa, tetap bisa kog kasih ASI dengan pakaian yang dikenakan. Kalau pakai baju gamis tanpa kancing depan, ya angkat ampe atas bajunya, atau kalau pake kebaya, ya buka dulu kancing atau penitinya… hehehe Lumayan repot kan ya?

Nah kalau pake baju menyusui? Kan tinggal mojok doank berdua bayinya. Terus kasih deh ASInya, sambil kita ngobrol bareng suami atau nyambi makan cemilan. ^___^V 

*Pengalaman pribadi niiiih…

Emang sih, bisa aja komen, kalau udah tahu lagi menyusui, ngapain jugaaaa datang ke pesta-pesta…? Nah lho, kalau yang nikahan adik ipar? Atau sodara sepupu yang dekat banget? Atau kalau si ibunya sendiri bosenan di rumah, piye? Hehehe

Boleh dibilang, aku termasuk beruntung deh, hidup di jaman, manusia Indonesia nya kreatif bikin baju dan menjualnya dengan mudah. Aku gak perlu jalan keliling-keliling toko. Cukup dengan mencari di internet dan belanja deh… tapi syarat utama, teteuuup… belilah dengan smart, tempat OS yang dapat dipercaya, ukuran tubuh yang sudah terukur, dan jangan over budget yaaaa!

Oh iya, sekedar buat temen-temen yang gak yakin, kalau aku nyaman banget pakai baju menyusui, bisa lihat deh, foto-fotoku dengan tag  guang zhou, di seluruh foto tersebut, aku menggunakan baju menyusui. Dan sangat-sangat membantuku menyusui Billa selama di bus, taman, kereta api bawah tanah dan mobil. Tentu juga dibantu oleh si gendongan jarik alias gendongan batik. hehe

***

Ini beberapa toko online di luar MP, yang mungkin juga bisa dijelajahi tokonya : 

1. Toko MamaHamil

2. Toko MilkyWay

3. Toko Baju Hamil dan Menyusui

4. Toko Baju Menyusui 

5. Toko Baju Hamil yang modis 

6.  Toko Momsmiracle 

7.  Toko rekomen dari Anne 


ssst,.. aku gak dibayar sedikitpun ataupun tidak dikasih diskon lho oleh toko-toko di atas. Hanya membantu mempermudah mencarikan linknya saja. Dari banyak toko di atas, aku hanya pernah nyoba belanja di Milkyway. Pada akhirnya, aku lebih nyaman beli OS di MP, apalagi kalau ownernya aku cukup kenal, meski belum pernah ketemu. Hehehe 


***


Pamulang, hari ke 7, Kangen kumpul keluarga nih… hiks hiks.. 

77 comments:

  1. oohh, yustika jualan kaos menyusui juga toh?

    ReplyDelete
  2. hehehe... iya, tapi dia aktif di FB nya deh may...:)

    ReplyDelete
  3. sekalian promo temen nih.. ku suka yang milkyway.. asik lihat sodara yang pake baju itu.. keren dan memudahkan menyusui..
    tapi kalu kawinan kan pake kebaya.. jadi bayinya udah disiapkan botol susu deh.. kalu ga mau ya udah ngumpet ke ruang keluarga..

    ReplyDelete
  4. knapa ga bikin kebaya menyusui mb tin? *promosi terselubung

    ReplyDelete
  5. ooo, aku ga contact di fb keknya

    ReplyDelete
  6. ada ya model kebaya menyusui?

    ReplyDelete
  7. ahayyyy berguna banget niy journal.. kasih jempol banyakkkkk

    ReplyDelete
  8. Saya gak pernah pake baju menyusui, Uni. Malah kadang pake baju gak pake bukaan depan. Tapi kadang tetep nyusuin sambil jalan.. :D yang susah sih emang inisialisasinya ato kalo bayinya gak mau ditutupi.

    ReplyDelete
  9. hiks, ukurannya kecil2 T_T

    ReplyDelete
  10. Sejak hamil A 16th lalu baju menyusui sudah ada. Tapiiii, hamil 3 anak ngga pernah beli. Lebih nyaman pakai blus /kebaya cantik berkancing depan, dan mengurangi datang ke pesta waktu bayi menyusui. Tetap datang ke pesta, tetapi maksimal 2jam. Pulang ke rumah sebelum tiba waktu menyusui. Baby jarang diajak, kecuali pesta di rumah dimana bisa menyusui di kamar tidur empunya rumah

    ReplyDelete
  11. hiahaha, ketahuan mb tin belum pernah mampir ke blogku yg ini
    ada bbp contoh kebaya menyusui yg pernah aku buat

    ReplyDelete
  12. pas ada belajar/kursus menyusui, saya ikutan lho hehe....

    ReplyDelete
  13. ukuran yg mana yg kecil2 feb? di aku ada banyak yg ukuran besar
    malah ada yg pernah bikin sampe tripple XL

    ReplyDelete
  14. waaaa, breastfeeding father yg hebaaatt
    follow @id_ayahASI ga?

    ReplyDelete
  15. ini juga tips yang bagus mbak tin.. siapin ASI dalam botol. tapi cuma bisa bertahan 4 jam pasca diperahnya.. jadi harus hati2 juga..:)

    ya satu lagi, emang paling pas itu, ngumpet di ruang keluarga, kalau yang kawin sodara deket yaaaa hehehe

    ReplyDelete
  16. hehehe... iya betul...:)

    ReplyDelete
  17. coba aja cari fb nya ..uni lupa tapi address nya..:) mudah2an ntar tika mampir sini deh..:)

    ReplyDelete
  18. kalau sama maya, kita bisa desain baju menyusui bareng....

    ReplyDelete
  19. hehehe..sesama ibu menyusui ya...:)

    ReplyDelete
  20. ini di rumah aja atau kalau jalan2 keluar nih rinda?

    ReplyDelete
  21. yang milkyway ada kog ukuran gede kayak kita, tapi tertentu itemnya..

    kalau yang lain belum tau..

    kalau sama tika itu juga ada yang ukuran besa..

    kalau sama maya, bisa order bikin... rumah maya dekat rumah uni tuh..kalau dari rumah bupeb, enaknya lewat mana ya? kan bupeb dekat WTC serpong ya?

    ReplyDelete
  22. dian termasuk jarang ke pesta mbak mia.. tapi kalau yang ngadain sepupu atau adik, terpaksa datang dari sejak akad hingga acara selesai. nah ini yang rempong kalau gak didesain khusus. pernah pake yang biasa, kancing depan gitu, aduuuh berkeringat, walhasil, menyusuinya masuk ke mobil dan idupin ac deh..hahaha

    ReplyDelete
  23. aduuuuh om dedi keren deh...

    eh saya PM yaaa :)

    ReplyDelete
  24. aku pernah kepikiran beli baju menyusui, tapi blum kesampean, mahal-mahal euy dan kebanyakan berbahan kaos, gak bisa dipake kerja hehe.

    Pas lahiran Gaza aku dah pensiunin baju gamis, tunik dll yg tanpa kancing depan. Kusimpan di lemari khusus baru kupake lagi pas Gaza berenti nyusu, sekarang kusimpan lagi karna dah ada si kecil Gibral. Alhamdulillah aku tetap pede menyusui di tempat umum, pernah juga menyusui di dalam kereta yg padat dengan posisi berdiri. Jilbabku menutup dada jadi gak perlu pake appron-appronan lagi :D.

    Tapi kalo ada yg mau ngasih baju menyusui juga gak nolak. Hahahaha, siapa juga yg mau ngasih

    ReplyDelete
  25. Di luar rumah, Uni.. Misal sambil belanja. Soalnya kalo pake berhenti dulu, jadi lamaa...

    ReplyDelete
  26. ini khusus para ayah sajakah yang boleh jadi followernya may?

    ReplyDelete
  27. indah pake jilbab yang sampe bawah panggul ya? anak2 termasuk anteng kali ya? gak banyak gerak kayak Billa atau aam? atau ada tips yang bisa dishare di sini nih indah?

    ReplyDelete
  28. tutupin pake jilbab atau gimana?

    uni masih belum mudeng nih caranya? bagi tipsnya donk... kan lumayan menghemat baju menyusui..hahaha

    ReplyDelete
  29. eh maaph aku siwer liat mba may sebagai uni dian.. hahahahahaha

    hmmm aku pengennya yang kaos en simpel mode, ada ga mba may?

    ReplyDelete
  30. badan bupeb sama kayak uni kan ya? kalo uni muat, brarti bupeb muat donk..heheh

    ReplyDelete
  31. jilbabku sampai atas perut aja koQ un.
    Kalo lagi pergi2 aku biasanya memilih menawari menyusu jadi gak menunggu mereka rewel minta susu. Biasanya dalam posisi digendong depan kututupi bibir mereka pake jilbab trus susuin deh.Biar aman kita tetap pegangi jilbabnya soalnya anak kan tiba-tiba melepas pd dengan seenaknya nah itu bisa berpotensi pd kita kelihatan.
    Kalo temen2ku yg jilbabnya lebih lebar banyak loh, menutup seluruh kepala anaknya pake jilbab mereka, tapi kalo aku gak tega takut anakku gelagepan (sesak).

    ReplyDelete
  32. saya pake apron yang besar dan jilbabnya nutup sampe perut. jadi inisialisasinya pake apron ato selimut (untuk ini biasanya saya perlu duduk dulu bentar), terus abis masang ya ditutupin jilbab aja. alhamdulillah si adik lebih gak umek dibanding kakaknya dan gak bingung kalo ketutupan...

    ReplyDelete
  33. hehehe, tapi aku sukanya yang model simpel, but modis, en bahan kaos.
    trus lengan pendek kali ya...

    btw, bagian LD aku gede :"> opsssss

    ReplyDelete
  34. jaman punya anak (2000-2007) belum kenal sama baju menyusui Uni
    trik saya cuma pake' baju bukaan depan (kalau keluar rumah)
    kalau di rumah, pake' kaos aja, buka dari bawah juga gak ada yg liat kok :))
    apalagi skrg ada apron menyusui segala ya ?
    ibu hamil dan ibu menyusui bisa tetep tampil modis tapi tetep tidak menghalangi kegiatan menyusui :)

    ReplyDelete
  35. udah kesana.. tapi yang model kebaya susah kan, kecuali bahan brokatnya dibikin gamis.. dan dibikin model menyusui..
    seringnya sodaraku kalu ada yang mantenan pasti maunya model kutu baru.. jadi kalu mo menyusui lari deh ke ruang keluarga.. sebab kalu model gamis, ga asik difoto ramerame apalagi foto keluarga?

    ReplyDelete
  36. uni kalau pergi bisa dari pagi ampe malam indah... soalnya sekali pergi, bareng ayahnya anak2 itu udah di plan, dari sini ke sini, terus lanjut situ.. pokoke dari pagi ampe malam.. jadinya susah juga kalau mendadak bayi laper..:)

    iya, saya yang paling khawatir kalau si anak tiba2 lepasin PD dengan cuweknya.. hihih..

    ReplyDelete
  37. i see.. jadi adeknya masuk ke dalam jilbab ya..

    uni sekali2 pake apron.. ntar kapan2 ditulis juga ah soal apron ini..:)

    berarti si dedek lebih anteng dari eka ya.. *kog mirip juga ya..heheh

    ReplyDelete
  38. itu ada tuh link yang baju menyusui tapi modis.. kalau gak salah, banyak produk luar atau korea gitu..: )

    soal LD itu.. ya resiko ibu menyusui.. hehehehe

    ReplyDelete
  39. idem donk.. uni di rumah pake kaos biasa aja... jilbab model baju aja yang stand by kalau mendadak ada tamu..:))

    bukaan dari bagian bawah kaos tentunya ya..:)

    iya, kampanye pro ASI jadinya tak terkendala, cuma gara2 ibu2nya gak mau kelihatan norak pake daster bukaan depan..hihihi

    ReplyDelete
  40. itu model kutu baru apaan ya mbak tin? baru denger.... :)

    ReplyDelete
  41. Baju menyusui penting banget Uni.. Modelnya jg skrg keren2 yaa. habis ngintip link heheh..
    Jadi ingat pernah pernah sepete-pete (angkot) dengan ibu2 muda, yg ketika anaknya rewel langsung ngangkat baju, trus tuh PD terpampang kelihatan ama satu2 pete, cuek aja tuh nyusuin babynya.. ihhh Uniq yang malu bangeet, trus sengaja lihatin dia trus biar malu gitu, eh tapi dianya tetap cuek, padahal depan dia ada laki2.. ihikkkkzzz.. sering dapetin yg kek gini, sampe uniq mikir kl dah punya anak, tuh PD dah boleh toh dilihat ama yg lain yaa.. ckckckck..

    ReplyDelete
  42. model lama itu, model mbokmbok jamu yang suka pake "kain apa yang lemes tebel itu" yang ada belahan kembem..



    pernah dibahas disini..
    http://tintin1868.multiply.com/notes/item/210

    ReplyDelete
  43. uni, kalo mo beli stroller yang murmer dimana ya? ada rekomendasi tak?

    ReplyDelete
  44. sebenarnya batasan pola pikir aja kali uniq..

    ibu itu mungkin gak kenal dengan istilah menutup aurat. mungkin prinsipnya, "anak gue laper, dan gue pro asi" heheheh

    seirng juga sih uni ketemu yang begini, tapi uni biasanya cuwek juga. toh dianya nyusui juga..hehehe bukan ngapa2in gitu..heheh

    iya, semangat ya beli baju menyusui.. atau bilang ke sodara, minta kado baju menyusui aja..hehehe jangan bayinya mulu yang dikasih kado..hahah

    ReplyDelete
  45. aduuuh kalau model gitu, emang gak mungkin buat menyusui ya..hihihii

    saya emang rada kuper urusan kebaya, dari dulu demen pake baju melayu /baju kurung gitu mbak tin.. mungkin karena saya orang sumatera ya..hehehe

    ReplyDelete
  46. aiiiih... kog jadi bahas stoller>? heheh

    ani tinggal dimana?

    uni kemaren beli stroller billa di mothercare, pas ada yang diskon dari 2,5 juta jadi 900 ribu.. *nah ini tergantung keberuntungan sodara..hihihi

    uni sempat beli satu lagi untuk billa udah gedean, di ITC BSD, cuma 700 ribu, di mal lain dengan merk yang sama, uni lihat harganya 1,1 juta...

    kalau gak salah di toko bayi suzanna juga lumayan miring..

    tapi tergantung lokasi tempat tinggal, kalau Decatur ITC cempaka mas, kayaknya relatif miring tuh.. atau sekalian ke mangga dua?

    kalau toko online, uni sewa aja tuh.. ntar ya.. nyari linknya lupa lagi..

    uni sewa car seat untuk aam, 3 bulan 300 ribu.. soalnya kalau beli, kisarannya 2-3 jutaan.. hiks....

    ReplyDelete
  47. di mks sini kayaknya belum ada tempat sewaan deh.... enak ya di jkt.. kl sewa tuk di luar kota bisa ndak ya?? skrg ngintip2 toko perlengkapan baby OL, dah pengen beli aja, lucu2 ya Uni, tapi sepupu yg uniq kirimin buku dan akupun berjilbabn warning banget, "niq jangan sampe kalap ya, ntar malah bingung krn ga kepake" hehehe

    ReplyDelete
  48. Iya kali Uni :)
    itu kemarin Uniq lihatin mulu, soalnya tuh cowok yang didepannya ngelihatin trus ke arah si ibu yang nyusuin.. waduuuh Uniq yg malu jadinya hahahaha...

    eh bener yaa, minta baju menyusui aja jadi kado jangan buat baby semua.. malah banyakan jadinya ndak kepake karena kebanyakan kan Uni.. eh malah ada di form yang Uniq lihat, sampe dijual lagi lho kadonya..

    ReplyDelete
  49. sampe sms adik... lurik namanya kain itu.. simbok jamu suka pake kan jenis kain ini buat selendang juga buat kebaya..

    ReplyDelete
  50. kayanya tantangan nih buat perancang gimana bikin kebaya menyusui yang nyaman dan aman dari payetpayet biar ga kegores ke bayi..

    ReplyDelete
  51. betuuuul.. saran uni jangan kalap, karena baju bayi hanya dipakai per 3 bulan sudah ganti.. malah si Aam masuk 2 bulan udah mulai sempit.. huhuhu, untung semua baju kebanyakan hadiah, jadi uni gak rugi2 amat..hehehe

    kebanyakan uni beli untuk ukuran 3 bulan ke atas..malah uni gak pake popok kain, karena langsung pake pampers..:) hehehe

    saran uni, survey ke blognya shanti deh, dulu uni pake patokan dia.. terus dikira2.. kalau nanti bakalan ada acara akikahan, antisipasi aja, berarti banyak kado.. kalau berani kasih list kado, syukur..:)

    uni suka gitu tuh, kalau billa ulang tahun, uni bilagn ke adek2 dan tante2 uni, tahun ini kadonya baju muslimah aja, soalnya di sekolah kalau bulan ramadan, pake baju muslim.. kan lumayan mafnaatnya..:)

    kalau aam kemaren, kebanyakan kasih baju, dan belajar dari billa, uni gak gitu kalap lagi. malah sebagian pake sisa billa yang masih bagus2..:)

    ttg sewa itu, mereka gak kasih kalau luar jabodetabek kayaknya uniq..:) biaya kirimnya aja udah lebih mahal dari biaya sewa..hehehe

    uni perlu car seat, karena car seat billa untuk usia 1 tahun ke atas, dan uni sering pergi bertiga aja, jadi anak2 uni mantap duduk di car seat dan uni yang nyetir..hehehe

    ReplyDelete
  52. untuk ibu itu yang perlu memang baju menyusui, kain gendong, dan tas untuk pergi2... uni senaaang banget kemaren sahabat uni kasih uni tas untuk bawa perlengkapan bayi...duuuuh... lega banget..soalnya kemaren lupa beli ..hehe

    dapat yang modelnya asyik lagi, senang aja..

    kemaren adek2 uni nanya, mau kado apa, uni minta baju menyusui, mereka nyerah.. karena mereka cowok2 dan istrinya pada belum punya anak..wakakakak...

    uni kado utk Aam yang double, uni pake utk kasih ke tetangga yang anaknya juga lahiran...:)

    ReplyDelete
  53. rasanya pernah tau soal kain lurik ini..:)

    ReplyDelete
  54. ihihii.. payet gak gores bayi? berat banget tantangannya ya..hehehe

    ReplyDelete
  55. yack betulll... sewa juga bisaaaa .. kecuali kayak saya, yang dulu niatnya jika dikasih adek lagi si Billa.. jadi sengaja beli.. dan Allah mengabulkan doa dalam hati saya.. hihihi

    ReplyDelete
  56. Uniiiii Febi ga terkejar baca diari Ramadan-mu, apalagi menulis diariku T_T
    Maaf kalu jarang mampir yaaa

    *Syuuuunnngg ... back to reallife

    ReplyDelete
  57. Uniq kl kado akikahan juga suka nyari bajunya yang > 6 bulan, kadang malah yang lebih setahunan. krn Uniq mikirinya baby cepat besar lagian banyak yg ngasih.. trus yang Uniq pilihin kadang sengaja baju yang buat jalan..

    mbak shanty myshant ya mbak? ok deh nti ubek2 MPnya mbak shant :)

    Kayak stroller dan car seat pengen beli aja deh..

    ReplyDelete
  58. Bukan promo sih, tapi aku suka banget lihat desain baju mereka yang simpel dan sepintas ngga terlihat kayak baju buat ibu menyusui:
    https://www.facebook.com/sunsongsandcircus.nursingmaternity

    ReplyDelete
  59. urusan car seat ini rada beda ya, uni tujuannya. kan benernya buat keselamatan anaknya... tapi emang mahal sih ya carseat itu, tidak affordable di indonesia.

    ReplyDelete
  60. hehehe.. gak apa2... masih di singapura kan fe?

    lagi nulis novel lagi kah? :)

    ReplyDelete
  61. iya myshant.. dulu uni belum jadi kontaknya aja udah mantengin MP nya soal list beli baju anak..hehehe

    tapi sekali lagi saran uni, teteeep.. kalau mau beli cukup 6 biji aja per jenis baju bayi deeeh..:) ntar kalau kurang, baru beli lagi. ntar kado juga bakalan banyak. apalagi ini calon cucu yang ditunggu juga kan ya? heheh

    kalau stroller, pilih yang bisa ampe gede :) kalau ada yang double car seat n stroller itu lebih bagus, jadi hemat, meski harganya mungkin diatas 2 jutaan.. tapi jatuhnya hemat, karena bisa lepas2an gitu kan..:)

    sukses ya hunting2nya..:)

    ReplyDelete
  62. aiiih uni meluncur ke sana.. ntar uni tambahin ke link uni diatas yaaa :) makasih anne..

    ReplyDelete
  63. betuuuul... mahal banget..

    uni makanya sewa aja ampe si Aam ntar 1 tahun, baru pake yang kakaknya, ntar si kakak udah bisa duduk depan dengan nyaman dengan safetybelt kita..

    kalau bertiga aja pergi, mereka mau pake car seat, terutama kakak billa.. apalagi sejak si dedek pake, si kakak mau pake lagi car seatnya..:)

    lagian tenang nih dia kalau pake car seat sambil nonton tivi atau main games..or nyoret2 kertas..hehehe

    ReplyDelete
  64. makasih link2nya uni. Smpe skr dian blm punya baju menyusui nih.. Selama ini kalo pergi ama lala selalu bawa asi botol...

    ReplyDelete
  65. ASi dalam botol tahannya kan cuma 4 jam setelah diperah dee? pergi2nya bawa kulkas kecil atau gimana tuh?

    selain baju menyusui, bisa juga nyoba pake apron (buat nutupin)..:)

    ReplyDelete
  66. untuk anak kedua, belajar dari anak pertama, aku juga gak belanja popok kain Uni. jaman itu belum ada clodi2an, jadi pake' diapers
    enaknyaa.....gak perlu nyuci, gak perlu bangun2 ganti popok, gak perlu bau pesing dimana-mana ...hihihi
    sampe' nyesel, kenapa dulu anak pertama gak gini aja ? :)))
    emang siy gak go green, tapi ngebantu baru ibu baru biar gak kecapekan urusan popok

    ReplyDelete
  67. udah gak uptodate Uni ...pas aku liat lagi daftarku, ya ampun jadul banget yak. yg jaman skrg banyak perlengkapan bayi yg lucu2 :))
    tapi untuk perkiraan awal, kebutuhan dasar sandang bayi, cukuplah pake' daftar lama itu :)

    ReplyDelete
  68. iya, memang gak go green.. n bikin emaknya tambah malas.. hehehe *pengalaman pribadi uni..heheh

    tapi daripada kecapekan.. uni milih gini dulu sementara ...

    tapi belajar dari billa, uni lebih telaten sama aam nih penggunaan diapersnya..:)

    insyaAllah...

    ReplyDelete
  69. iya, untuk patokan pertama gitu lho shant.. :)

    uni dulu gak terpikir sih buat ngelist... kebetulan toko2 di dekat ITC BSD itu rata2 punya list juga, jadi tinggal para ibu baru aja yang mengira2 sesuai kebutuhan dan budget..:)

    tapi uni terkesan sekali dengan daftar milik shanti ...meski waktu itu, masih segan meng-add shanti..hehehe

    ReplyDelete
  70. Tanya ya Uni...
    1. apron apaan siy...?
    2. bisa bikin baju menyusui sendiri ya...? Gak kebayang, gimana kalo model baju kebaya... Kira2, bisa gitu di desain jadi baju menyusui...?

    ReplyDelete
  71. apron itu sejenis "celemek" penutup badan... errr.. uni gak bisa naroknya di sini. mungkin ntar ada mpers lain yang bisa jelasin.. atau ntar kapan2 uni tulisin deh cerita ttg apron ya..heheh

    ttg bikin baju menyusui, bisalah... tuh mbak maya bunda 3f bisa bikini...:)

    kalau model kebaya agak susah, biasanya uni pake model baju kurung..:)

    ReplyDelete
  72. nahhh yang modis itu kecil2 uniiii T_T

    ReplyDelete
  73. derita ibu berbadan besar seperti kita ya gitu ya bupeb...hehehe

    ReplyDelete
  74. Kangen juga.. :D
    Asis belum pulang ya Yan :)

    ReplyDelete
  75. tadi malam jam 10an nyampe rumah mam,. tapi pagi ini udah meeting lagi di kantor..:) *dian milih gak ikut.. capek ah. lagian si kakak sekolah..hehehe

    ReplyDelete