Saturday, August 04, 2012

[Catatan Ramadan] ASI – 14 : ASI BASI?


Pernah gak dengar istilah ASI Basi?

Atauuuu pernah gak ketemu ama ibu-ibu yang menyusui, terus pas mau kasih ASI nya, terus bilang, “permisi mau ke kamar mandi dulu, mau buang ASI, yang awal ini ASInya basi.” ?

Aku sih belum pernah ketemu ibu yang membuat ASI dari Payudara langsung terus bilang ASInya basi, tapi kalau ibu yang membuang ASI dalam botolnya, pernah… Ya Saya sendiri.. hiks hiks.. (ini gara-gara asisten rumah tangga gak nutup freezer dengan bijak.. walhasil 10 botol ASI perahku semalaman tak terkontrol dengan baik.. dan ketika dipindahkan ke bagian bawah kulkas, aroma dan penampakannya sudah tak layak lagi deeeh... awalnya masih niat berikan ke dek Aam, tapi karena ragu dari freezer, ke kulkas bawah, lalu lewat 2 minggu, ya sutralaah, dengan airmata tertahan, aku buang seluruh ASI tersebut..:((( 

Anyway... 

Istilah ASI Basi itu aneh juga sebenarnya ya?

Ada yang bilang, ASI pertama kali keluar, namanya ASI basi, padahal itu kolostrum. *gubrak gak seeeeh? J

Ada yang bilang, kalau gak menyusui lama, misalnya harus pergi 1-2 hari dan babynya gak bisa ikutan, terus pas ketemu babynya lagi, katanya ASInya sudah basi. 
How comeeeee? Wong ASInya tertutup dan kedap udara dalam payudara ibunya… hehehe.. jelas gak basi donk… J

Jadi, kapan ASI Basi?

Yaaaa, kalau udah diperah ibunya, masuk botol dan diletakkan di luar kulkas, maupun di dalam kulkas. Naaaah.. bisa aja ntar ASInya jadi basi.

Kenapa?

Misalnya, kalau udah diperah, tarok dalam botol susu, terus gak diminum lebih dari sekian jam, nah bisa jadi nanti ASInya basi.

Oh iya, sekedar informasi, ASI perah merupakan ASI yang diambil dengan cara diperas dari payudara untuk disimpan dan nantinya diberikan pada bayi.

 ASI itu bentuknya tidak seperti susu sapi yang homogen, yang tidak terpisah lapisannya sampai kapanpun. Jika didiamkan beberapa waktu, ASI akan terpisah menjadi 2 lapisan. Lapisan atas akan terlihat lebih kental dibanding lapisan bawahna. Itu tidak berarti ASI telah basi. Cukup dikocok perlahan botol atau wadah ASI perah tersebut, hingga larutan ASI kembali membaur atau homogen kembali.

Pengalamanku  jika akan meninggalkan Aam dalam hitungan beberapa jam, biasanya memerah ASI dulu, lalu diletakkan dalam botol susu. Nantinya, jika Aam haus, Ayah atau Nyai-nya yang ada di rumah, akan memberikan susu itu, tentu dengan mengocok botol susu itu dulu. 

*Pagi ini, aku harus mengantar Billa sekolah karena lagi super rewel, lalu ada arisan bakos, ada kegiatan baksos, belum lagi ngecek seragam sekolahnya udah datang apa belum, ke bank bayaran uang sekolahnya.. huhuhu.. jadinya ribet. Karena ayahnya gak gitu bisa kalau diminta multitasking gini.. walhasil, aku pompa ASI 10 menit, dapat 90 cc, tarok di botol dan ayahnya yang kebagian jagain si Aam… hehehe.. Sayangnya waktu aku pulang 3 jam kemudian, ternyata si Aam baru bangun dan minum susu botolnya sama aku …. Huhuhu.. teteuuuup..:) hehehe

Berdasarkan informasi yang aku dapat, dari googling, dari brosur dokter dan dari beberapa majalah parenting, umumnya ASI tidak akan basi dalam waktu tertentu dengan penyimpanan yang benar.

Misalnya, ASI yang baru saja dieprah, akan tahan disimpan dalam botol tertutup dalam suhu udara ruangan sampai dengan 6 jam. Atau jika disimpan dalam thermos yang diberi es batu, akan cukup bertahan hingga 24 jam. Lain lagi jika disimpan dalam kulkas ataupun freezer. Bisa bertahan kisaran waktu 2 minggu, hingga 6 bulan.

2 minggu jika disimpan dalam suhu kulkas bagian bawah, sedangkan 3-4 bulan jika diletakkan di freezer yang tidak terpisah dengan kulkas bagian bawah, atau bisa 6 bulan jika diletakkan khusus pada freezer yang tersendiri.

Link terkait yang cukup informatif ada di blog ini. 

Jadi, gak ada kog ASI basi yang berasal dari payudara ibu langsung. Yang ada ASI basi yang merupakan ASI hasil perah dari ibu. ^_^

Tetap Semangat yaaa !!!


***

Pamulang, Puasa ke 14.. Ah sudah 2 minggu. Akhirnya bisa nulis juga siang ini, ditengah hiruk pikuk being a multitasking mom... huhuhu 
*Belum sempat diedit, belum nyari gambar dan belum nulis untuk artikel jabartoday.com. mana naskah xenophobia masih teronggok dalam bentuk draft... tunggu aku ya Lessy.. hihihi... (emak-emak ngotot nulis). 

27 comments:

  1. Asik nulis lagi, ilmu baru lagi..Makasih Uni!

    ReplyDelete
  2. Sering! Baik yang berpendapat sendiri seperti itu maupun yang menanyakan bisa tidaknya. Daripada bolak balik jawab yang sama akhirnya saya bikinlah brosur kecil2an yang isinya tentang manajemen perASIan. Atau....postingan ini saja yang dikopi ya? He..he..

    ReplyDelete
  3. huhuhu... mencuri waktu kurang lebih 1 jam untuk MP nih anne.. ini aja kudu tutup lagi..hehehe makasih ya udah rajin baca..:)

    ReplyDelete
  4. mbak pritta.. mau donk discan brosurnya.. biar jadi gambar di artikel ini..

    *duuh.. si Aam nangis.. dian kabur dulu yaaaa..eheheh

    ReplyDelete
  5. kata momod2 ayah ASI sih, gak ada ASI basi
    kecuali klo nyimpen perahannya gak bener

    btw Mbak, udah nyampe belum bukunya?
    klo udah met baca hehe :D

    ReplyDelete
  6. aku juga pernah buang ASI 10 botol @120ml :((.
    Itu perahan ASI pas mudik ke Banyumas, udah dijaga2 biar tetap beku dipindahin dari Banyumas ke Jakarta pake coolerbox. Nyampe Jakarta selamat langsung masuk kulkas. Besoknya pindah2an rumah dari jakarta ke Bojonggede ASI sebagian dipindahin ke coolerbox lagi, bebenah rumah ga selesai-selesai lupa deh kalo ada ASI di coolerbox. Cair deh :((

    Tapi ga langsung ku buang kusimpan terpisah dari ASI yg lain (karena aku gak tega mbuangnya). Pas tanya-tanya di grup ternyata ASI Basi bisa dijadiin sebagai sabun loh. Udah browsing caranya, tapi males nyari bahan2 lainya. Jadi pada akhirnya dibuang juga itu ASI. :(( sedihnya kalo inget.

    Oya soal sabun dari ASI ini bisa dibaca disini http://www.artikelpayudara.com/2012/03/24/sabun-mandi-dari-asi-saya-punya-resepnya/

    Sabun Susu Sapi aja banyak & katanya bagus, apalagi sabun ASI ya. Ada videonya tapi lupa linknya, nanti klo dah ketemu reply lagi deh

    ReplyDelete
  7. *liat stok di freezer*
    masih mayan amann :)

    ReplyDelete
  8. pernah buang ASIP yg basi, gara2 disimpan di botol, trus dikasih ke bayi, cuma diminum separuh. setelah itu sama eyangnya lupa dibiarkan begitu aja dalam suhu ruang, sampai berjam2, ketika mau dikasih lagi, udah meragukan penampakannya.
    btw, Uni nyetok ASIP juga gak ?

    ReplyDelete
  9. wah, keren Uni Dian, banyak bener draft artikelnya :)
    aku ada draft untuk xenophobia tapi kok mau mengeksekusi dan memposting belum dapet feel-nya
    minder aja gitu sama tulisan peserta lain yg keren2 :)))

    ReplyDelete
  10. udaaah.. maaf ya blm kasih kabar..:( lagi acut adut nih jadwal hari2..hehehe
    makasih yaaaaaa

    ReplyDelete
  11. dulu sering banget dgr asi basi, dan setahuku bukan asinya yg basi tapi hambar atau 'dingin' krn berjam-jam ga diberikan asinya sedangkan ibunya ga sambil makan/minum/ngemil sepanjang berjam2 itu utk memperbyk cadangan makanan makanya ibuku selalu minta aku minum teh manis hangat sblm menyusui biar asinya enak dan hangat, padahal payudara ibunya kan selalu hangat hehe...

    ReplyDelete
  12. rasanya nelongso banget ya indah..>L:(

    mana "sakit" kalau diperah ketimbang diminum langsung oleh bayi ya...:)

    ReplyDelete
  13. waaaah.. sharing menarik nih...

    baru tau uni..

    boleh ya kapan2 di share link videonya..:) makasih ya indah..:)

    ReplyDelete
  14. waaaaah.. foto donk freezer bupeb...hehehe

    ReplyDelete
  15. ceritanya, kemaren itu uni niat mau daftar sekolah lagi di UIN nih shant..jadi kudu nyetok ASIP kalau tau2 lulus dan mulai kuliah lagi..

    tapi pas kejadian itu, uni jadi males merah.. sekarang merah asi kalau emang perlu aja.. dan daftar sekolahnya mundur aja.. soalnya ujian masuknya udah lewat kemaren..:(

    nyaman banget kalau ada baby ya..bawaan pengen main ama anak aja.. males mikirin yang berat2...hiks...

    ReplyDelete
  16. du du du... shantiiii my dear shanti...

    uni tunggang langgang sebenarnya.. hahaha..

    ini uni kepingin melatih tulisan uni.. kan uni tidak berbakat menulis. semua hasil kerja keras dari belajar dan latihan.. jadi abis lahiran kemaren, rasa2nya otak uni kembali beda..:(
    beberapa kali audisi naskah malah gak lolos..

    jadi sekarang, lagi mecut diri.. untuk latihan nulis lagi.. ya motivasinya ikutan lomba..

    btw.. shanti kog bisa minder toh? kan dirimu selalu bagus menulis.. runut, penuh informasi dan selalu gamblang... uni suka tulisan2mu.. gak boleh minder ah..

    tulis, kirim... lalu lupakan (hasilnya) ! hehehe..:)

    ReplyDelete
  17. insyaAllah suhu asi itu kisarannya 37* celcius... cmiiw...

    kalau mama uni lebih banyak nyuruh makan, supaya gak masuk angin ibunya.. hehehe kalau emaknya sakit, ntar repot ngurus bayi.. gitu katanya..
    lagipula, tubuh kita selalu kasih warning kan ya Rul, kalau abis nyusui,, cenderung lapar.. hehehe

    ReplyDelete
  18. bukan takut gak menang Uni (sepede2nya tetep aja gak ngarep menang), tapi takut gak nyambung sama pokok bahasannya :)
    cuma pengen ikut berpartisipasi, sebagai bentuk dukungan gitu ....

    ReplyDelete
  19. iyaaaaa....gak boleh terlena juga ya Uni, otaknya harus ditantang terus ya Uni, soalnya begitu ada bayi pengennya sayang2an terus, males mikir berat :-D

    ReplyDelete
  20. tuh udah betul motivasinya... *nunggu postingan shanti deh kalau gitu..:)

    ReplyDelete
  21. ya Allah shant.... hehehe ini udah nantang buat belajar menulis.. hehehe

    gak tau deh.. lagi ngumpulin nyawa untuk urusan sekolah..:(

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah seeeepp
    met membaca Mbak ^_^

    ReplyDelete
  23. Simbak asisten diomelin dong uni?
    Uni dian si gak sabaran gitu loh *kabur*

    ReplyDelete
  24. kalau udah sampe tahap tak bisa diperbaiki lagi, saya memilih diam jeng tyas...*narik nfas panjang dan hembuskan api naga...hahaha

    ReplyDelete
  25. Wah si asisten eh..Lilis yang salah ya Yan :))

    ReplyDelete
  26. atau mama jangan2 yang lupa nutup.. ? xixixixix

    ReplyDelete