Friday, July 05, 2013

[Billa] Mengenal 4 huruf


Kakak "membaca" gambar
@trans hotel


Aku tidak pernah memaksa Billa (4 tahun 4 bulan) untuk membaca di usia dini. Namun, acap kali aku memegang buku, Billa akan aku ikutsertakan dalam dunia buku.

Namun, 2 bulan terakhir ini, aku terpikir untuk mengajarinya membaca. Karena sejak usia 2 tahun, Billa sudah mengenal huruf latin dan huruf hijaiyah. Sayangnya, aku kurang maksimal mengajak Billa untuk mengingat-ingat dan mengenal kembali huruf hijaiyah. InsyaAllah ini akan menjadi PR besar untukku, agar Billa bisa mengaji lebih baik di tahun 2013 ini.


Kembali ke masalah belajar membaca, karwna aku sudah bosan mengajarinya, dan dia terlihat tidak tertarik. Maka sudah lebih 3 minggu ini, tak pernah aku ajak belajar membaca lagi. Aku kembali pada prinsip, jika tak nyaman untuk anak, ya sudah. Ikuti saja maunya. 



Entah mendapat pencerahan dari mana, tahu-tahu malam tanggal 3 Januari 2013, si Kakak (demikian biasanya aku memanggil Billa) memintaku untuk memegang setumpuk flash card yang ia punya. Lalu sambil bermain, melempar dan juga menduduki flash card itu, ia mengajakku mengeja kata-kata.


Alhamdulillah, tak pernah mengira.

Akhirnya, si Kakak bisa mengeja kata dengan 4 huruf, sedikit sulit untuk 5 huruf dan mulai belepotan untuk 6 huruf ke atas.

Tak apa,... bagiku ini sebuah kemajuan yang sangat mengejutkan. Mudah-mudahan, hari-hari berikutnya, Kak Billa akan selalu bermain dengan kata-kata, mencintai kata-kata tersebut dan suatu hari kelak, merangkai kata-kata dalam tulisan. Amin. 




Medio Awal Januari.

No comments:

Post a Comment