Thursday, June 18, 2015

[Kreatifitas] Dari Sebuah Botol Bekas Menjadi Seperangkat Alat Minum

Kesukaan Kak Billa dalam mengutak-atik benda, memang tak bisa dibendung. Matanya selalu berbinar jika melihat botol plastik bekas, kardus atau kotak kertas bekas, apalagi benda-benda untuk prakarya lainnya. 

Aku melihat kesukaannya ini muncul, sejak ia bisa menggunakan gunting dengan lancar di usianya ke 5 tahun.

Bahkan saat ia masuk ke rumah sakit, akibat bakteri menyerang pencernaannya setahun lalu, ia masih meminta seperangkat alat gambar, dan menggambarlah ia di rumah sakit. Dan juga membuat sebuah "buku" yang isinya merupakan pic book mini versi dia.

Beberapa pic booknya bahkan sudah muncul di laman www.serusetiapsaat.com dan ada profilenya di sana. 

Nah, saat liburan sekolah dan memasuki bulan puasa seperti sekarang, adalah tugasku untuk mengumpulkan beberapa keperluannya untuk berkreatifitas.

Namun, sebelum itu kulakukan, ternyata Billa sudah membuat sendiri dan menemukan ide untuk mengisi liburannya. 

Hari pertama liburan kemarin (hari Selasa tanggal 16 Juni lalu), Kak Billa meminta ijin untuk menggunakan sebuah botol bekas air mineral. Meski ayahnya sempat keberatan melihat dia terkesan "merusak" botol plastik tersebut, aku meminta ayahnya untuk bersabar atas niat si Kakak.

Aku tak tahu apa yang dikerjakannya. Yang pasti, dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam, ia sibuk mengutak atik botol, kertas dan beragam benda lainnya. Ruang tengah rumah kecil kami penuh "sampah". Ia dengan tekun mengerjakan kegiatannya itu. Tak lama, kak Billa menunjukkan hasilnya padaku. 

Sebuah botol plastik mineral, ia ubah menjadi sebuah teko dan 2 buah cangkir kecil. Ia juga menggunakan kardus bekas kotak shampo, dan mengubahnya menjadi sebuah kompor-komporan. 

Aku tersenyum. Bersyukur melihat kak Billa dengan kreatifitas dan idenya. In sha Allah, semoga selama liburan dan puasa tahun ini, ia semakin semangat menemukan dan berkarya melalui barang-barang bekas atau keperluan prakarya yang sudah kusiapkan dari jauh hari. 

Bismillah. 


"seperangkat alat minum"
ala Billa 


Yang ini, versi menggunakan kompor.
Tekonya bisa digunakan untuk memasak.
ayahnya menyebut ini sebagai "cerek plastik"

Bahan Prakarya : 

1 buah botol bekas air minaral
1 buah kotak bekas shampo atau sejenisnya
selotip
gunting
spidol
kertas berwarna


Cara membuatnya : 

Botol bekas dipotong menjadi empat bagian.

Bagian atas botol dan bagian bawah disatukan. lalu diselotip. gunakan kertas kardus atau kertas kotak shampo yang agak tebal. potong seukuran kecil untuk dijadikan gagang atau tempat memegang teko

untuk 2 gelasnya, diambil dari sisa botol (badan botol) dipotong dua. lalu buat bulatan kardus seukuran bawah botol. lekatkan dengan selotip. langkah yang sama juga dilakukan untuk membuat gagang cangkir.

sementara untuk kompor-komporannya, cukup dengan menambahkan sebuah gambar bentuk kompor dari atas, gunakan kertas berwarna dan spidol hitam.

Selesai!

Selamat mencoba.

*Pamulang
*Puasa Ramadhan 2015
*Tulisan Hari #1

No comments:

Post a Comment