Wednesday, October 18, 2017

(Travelling Mom) Menikmati Discovery Hotel, Penginapan Sebelah Dufan

Deklare : 
Tulisan tentang hotel ini ditulis atas keinginanku sendiri. 
Aku tidak mendapatkan benefit apapun atas tulisan ini.
Tidak ada kerjasama dalam bentuk apapun dengan hotel. 


Welcoming Statue at Lobby 


Kali ini, aku mengajak anak-anak ijin sekolah dan menginap sepanjang weekend di tempat ayahnya mereka training untuk upgrading ijasah ANT 1. Kami menghabiskan waktu di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Nama hotelnya  adalah Discovery Hotel. Lokasinya ternyata bersebelahan dengan pintu masuk ke Dufan. Konter tiketnya persis beberapa meter sebelah kiri lokasi hotel. 

Kalau dari info yang kudapatkan dari website mereka, ternyata hotel ini adalah Bintang Empat. Meski kalau melihat fasilitas yang dimilikinya, sudah mirip dengan taste bintang lima (menurutku yaaa) hehehe. Tapi kayaknya, karena mereka hotel tua, mau gak mau, ada pengaruhnya juga ke pemberian bintang hotel. *pendapat berdasarkan kesotoyanku belaka. 

Lobbynya luas banget. Dan ada tempat jajanan kue
ini adalah lorong menuju kamar
karpetnya tebal. Khas hotel lama
anak-anak selalu senang mengenal hotel yang baru pertama kali mereka kunjungi
aku juga gitu sih! hehehe

Lupa nanya ke ayah mereka. Apa nama jenis kamar ini
kalau tidak salah di atas deluxe atau selevel. 
ada lobby juga dari kamar. sayang pemandangannya gak bagus

Yang selalu dilakukan Aam pertama kali adalah... naik ke tempat tidur
lalu melompat di atasnya.
Ini bagian kesukaanku. Hehehe
Menyeduh teh dan perlengkapannya di kamar :)
*sederhana amat ya kesukaannya? hehehe

Ini pintu luar kamar, difoto dari lobby kamar


Dan ini kamar mandinya. Minimalis kalau kamar mandinya
Sayang air hangatnya kudu ditunggu lama prosesnya. Kalau nggak sabar, ya mandi air dingin aja...:) 

Setelah menikmati kamar dan merapikan pakaian dari koper ke lemari, aku dan anak-anak mulai menikmati fasilitas hotel yang lainnya. Terutama sekali fasilitas kolam renang. MasyaAllah, ternyata luas banget halaman belakangnya. Dan aku boleh bilang, ini salah satu hotel yang sangat ramah dengan anak-anak. Halaman belakang hotel adalah taman bermain anak-anak. Ada kolam renang, play ground dan ruang kreatifitas. 


Kolam renangnya luas banget

Ada juga permainan airnya. Anak-anak suka banget
Ini saat sore hari, sebelum ramai anak-anak turun berenang 


Baru bertiga aja ini yang berenang


Anak-anak antusias banget. Karena kolam renangnya terbagi dua.
Kolam renang dewasa dan anak


Selain halaman belakang hotel yang mengingatkanku pada hotel Borobudur Jakarta ataupun hotel Novotel Bogor, ternyata makanan untuk sarapannya juga enaaaak. MasyaAllah, mirip dengan hotel Padma Bandung. Pilihannya memang tak terlalu variatif tapiiii,  rasanya enak di lidah banget. Aku paling senang ketemu hotel yang sarapannya cocok ama lidah Sumateraku. Bukan perihal rasa pedas belaka, tapi juga rasa yang bisa dirasa. hahaha... Ada banyak hotel yang menggusung variasi banyak dan beragam asal usul makanan, tapi pas dimakan, gak ada rasanya. Entah apa yang ada di kepala kokinya saat masak ya. Kog bisa, penampilan kece, saat dimakan tapi gak ada rasa. Atauuuu... emang seleraku aja yang nggak banget. Hahahaa...

Billa bolak balik nambah bubur ayamnya juga kekenyangan karena pancakenya enak  

Aam pun jadi suka bubur ayam 
Selain fasilitas kolam renang dan sarapan yang OK banget, hotel ini juga menyediakan taman bermain outdoor dan indoor. Anak-anak betah bener di hotel ini :) 



Indoor playground. Ada tivi, komputer, alat gambar, lego dan banyak lagi lainnya 


outdoor playground hanya ini, tapi patut segini. karena anak-anak cenderung milih main di indoor atau kolam renang 
Satu hal yang menarik lagi adalah kegiatan Sabtu dan Minggu paginya. Ada program untuk anak-anak yang cukup mendidik. Yakni belajar membuat gelang atau kalung dan juga belajar membuat donat. Billa dan Aam antusias membuat kalung gelang di hari Sabtu, sementara hari Minggu, Billa memilih ikutan belajar membuat Donat.

Sayangnya, semua program ini berbayar. Hahaha. Satu anak kena biaya 50 ribu kalau tidak salah. Tapi donat ataupun gelang kalungnya untuk mereka bawa pulang. Dulu pernah di Bandung, di hotel Holiday Inn kalau tidak salah, ada juga program bikin donat, dan gratis. Atau di hotel R Rancamaya, ada program memberi makan rusa yang juga gratis. :) 





Berikut simpulanku soal hotel ini : 

Kekurangan : 

1. Housekeepingnya alias pekerja yang bertugas membersihkan kamar, cenderung tidak profesional. Mereka tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Sering sekali aku harus menelpon mereka untuk meminta handuk kecil (small towel) atau pun teh yang kehabisan stok. Meski mereka tetap memberikan apa yang kumau, tapi ya gitu, kudu ditelpon dulu. :) 

2. Cara kerjanya juga slow but sure. Slooow banget. jadi nelpon kapan, yang diminta kapan datang. Aku perkirakan karena ini pas weekend kali ya. Banyak acara di beberapa ruangannya. Tapi, menurutku itu tidak bisa dijadikan alasan slow responnya para pihak tersebut. Kudu sigap donk! 

3. Aku bahkan harus meminta mereka memvakum karpet kamar, karena kalau tidak para housekeeper itu akan diam saja melihat remah makanan di karpet. Alamak! dimana-mana, kalau hotel pake karpet kamarnya, kudu divakum atuh! gimana ini?

Boleh kusimpulkan, bahwa para housekeepernya kudu diupgrading deh! Aku sempatkan menulis di kertas komplain ke mereka, dan kuberikan ke front desk. Aku gak ketemu  manajernya soalnya. Untuk urusan gini, aku dan suami emang mau menyibukkan diri, menulis dan complain. Bukan untuk diri kami saja, tapi demi konsumen lainnya, juga demi kebaikan hotel tersebut. Bagaimanapun juga, aku suka banget ama hotel ini. 

Kelebihannya : 

Banyaaaaaak.
Aku rekomendasikan banget hotel ini buat para keluarga yang gak punya waktu keluar kota, dan hanya pengen leha-leha serta menyenangkan hati anak-anaknya. 

1. Fasilitas hotel oke banget. 
Terutama kolam renangnya, sungguh ramah anak. Program yang digusung Sabtu Minggu sungguh keren dan menyenangkan. Meskipun orang tua harus merogoh uang di kantong sebelum ikut program kreatifitasnya hehehe. Tempat ngegymnya juga enak. Namun yang utama, fasilitas halaman belakang hotel ini sangaaat ramah anak. Menyenangkan bagi anak-anak yang berlibur di sini. Wifinya juga jalan lancar. *ini penting kan? hehe

2. Sarapannya OK banget jugaaaa
Enak banget di lidah. Apalagi kue2annya. Juga semuanya deh. Ampe ke kari ayamnya enak. Hihihi. Aku cicipin semuanya. Kalau udah gini, salahkan diri sendiri, niat mau diet, tapi nginep di hotel yang sarapannya enakeeeeuuun. hehehe Variasi makanan relatif, meski pembuatan style atau gaya penataannya tidak detail *beda dengan hotel Ambarukmo di Jogja yang detail banget. 
Buat yang demen makanan kaya rasa rempah, aku rekomendasikan juga hotel ini yaaa...:) 

3. Lokasi hotel sebelah Dufan.
Yeeey.... ini juga menyenangkan. Aku dan anak-anak juga di hari Seninnya ke Dufan. Tinggal jalan kaki doank, sedap banget kan ya? nanti cerita detail ke Dufannya di postingan berikut ya... Buat yang niat banget menghabiskan waktu seharian di Dufan, kayaknya seru juga jika nginepnya di hotel ini. Jadi setelah letih atas kesenangan seharian, tinggal tidur nyenyak di sebelah Dufan dan sarapan dengan sedapnya. :)

Singkatnya, hotel ini, kurekomendasikan banget untuk penginepan sekeluarga. ini hotel ramah anak dan keluarga banget. :)

- September 2017 -

7 comments:

  1. Jd pengennn aku juga sukkaaa nginep hotel kalau ada yg unik dan bagus 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih ke bagus ketimbang unik hehehe..t api fasilitasnya ramah anak2 banget mbak

      Delete
  2. Aiishhhhh aku hrs ajak anak2 ksana kayaknyaa :p. Itu poolnya mrk bakal seneng banget ada seluncuran jugaa :D. Ga ush jau2 ke hotel yg di karawaci sana, yg kolamnya pake perosotan hahahaha..

    Ini lbh deket jg ama rumahku mba. Tp memang yg aku suka dr hotel lama, itu krn rata2 berkarpet :D. Jln di lantau jd enak, tp malesnya suka males d vacum ya mba. Aku srg nemuin hotel lama berbintang, karpetnya ada bnyk rambut gitu -_-. Kliatan pas dibersihin ga total berarti.. Mungkin krn maintenance hotel lama lbh gede kali ya drpd hotel baru.. Ngevacum semua kamar ga kebayang listriknya wkwkwkwkwjw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi yaa.. hehehe

      seru pasti mbak kalau anak2 ke sana... kolamnya seru hehehe

      Delete
  3. Wo,hotelnya asik bangettt. Surganya anak2 ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. ramah anak2 bener hotelnya

      Delete